Skip to main content

Cara Mengatasi Notifikasi Whatsapp Tidak Muncul

Notifikasi WhatsApp

Pentingnya sebuah notifikasi sebuah aplikasi terutama untuk aplikasi chatting seperti WhatsApp. Notifikasi WhatsAppmuncul dibagian atas layar ketika ada chat masuk atau panggilan.

Dengan adanya notifikasi ini kita tidak perlu masuk ke aplikasi WhatsAppuntuk melihat chat yang masuk. Namun apa jadinya jika notifikasi WhatsApptidak muncul?


Jika notifikasi WhatsApptidak muncul tentu akan mengganggu komunikasi karena tidak adanya notifikasi yang muncul di pemberitahuan layar Hp.


Lalu bagaimana cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul?


Penyebab utama yang paling sering terjadi ketika notifikasi WhatsApptidak muncul disebabkan karena sinyal atau data internet yang lemah. 

Untuk melihat pesan yag masuk kita perlu membuka aplikasi WhatsAppterlebih dahulu baru chat akan masuk secara beruntungan.


Alangkah lebih baiknya anda mengikuti tahap cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul berikut ini.


1. Aktifkan Pemberitahuan


Pastikan anda sudah mengaktifkan notifikasi untuk aplikasi WhatsAppdan juga notifikasi pada pengaturan perangkat.


masuk ke pengaturan perangkat -> aplikasi -> WhatsApp-> aktifkan pemberitahuan.


2. Periksa Koneksi Internet


Seperti yang sudah saya sebut diatas hal utama penyebab notifikasi WhatsApptidak muncul adalah karena koneksi internet, bisa karena sinyal lemah dan data internet telah habis. 


Untuk itu pastikan koneksi internet anda stabil dan juga data internet masih tersedia agar notifikasi WhatsAppbisa muncul.


3. Update Aplikasi Whatsapp


Pastikan kamu selalu mengupdate aplikasi ke versi yang terbaru. Karena jika terdapat update untuk sebuah aplikasi akan mengatasi masalah pada aplikasi versi sebelumnya. Misalnya notifikasi WhatsAppyang tidak muncul.


4. Izinkan Aplikasi Bejalan di Latar Belakang


Ketika kamu mematikan sebuah aplikasi untuk tidak berjalan di latar belakang kamu perlu membuka aplikai tersebut ketika akan menggunakannya.


Namun jika kamu telah mengaktifkan aplikasi WhatsAppuntuk berjalan di latar belakang aplikasi tersebut tetap akan bisa memunculkan notifikasi meskipun kamu tidak sedang membuka aplikasinya.


Pesan


Itulah tips yang bisa kalian lakukan ketika notifikasi WhatsApptidak muncul dilayar Hp. Atau bisa juga merestar hp untuk memulihkan performa ponsel anda.