Skip to main content

Cara Mengatasi Tidak Bisa Upload Foto atau Video di Instagram


Tidak bisa upload video dan foto di Instagram
- Seperti yang saat ini kita rasakan, media sosial Instagram memberikan banyak manfaat melalui upload foto atau video kita. Terlebih jika anda menjadikan Instagram sebagai media promosi jualan online. Namun bagaimana jika Instagram tidak bisa upload foto atau video?

Meng-upload foto atau video di Instagram merupakan hal yang sangat penting. Namun terkadang anda mengalami gagal upload foto dan video di Instagram entah itu upload di kolom Feed maupun Instagram Stori. Untuk itu saya akan memberikan suatu cara yang mungkin bisa memperbaiki gagal upload video atau foto di Instagram.


Cara mengatasi Tidak Bisa Upload Video atau Foto di Instagram


Hal yang paling umum penyebab tidak bisa upload foto dan video di Instagram adalah karena memori penuh akibat penumpukan cache dan histori dari aplikasi Instagram. Namun untuk lebih detailnya akan saya berikan cara mengatasi Instagram tidak bisa upload foto dan video berikut.


1. Perhatikan Sinyal


Penyebab pertama yang perlu diperhatikan kenapa tidak bisa upload foto dan video di Instagram adalah karena sinyal ponsel kalian lemah atau bahkan data internet kalian sudah habis. Maka dari itu jika anda akan upload video atau foto di instagram cek koneksi internet dan data internet masih cukup atau sudah habis.


2. Log-out dan Login Kembali


Sebelum log-out dari aplikasi Instagram pastikan kamu masih ingat username dan password untuk login, karena nantinya anda akan diminta untuk memasukkan username dan password untuk login kembali.


Memang hal ini terlihat sepele, tapi tidak ada salahnya mencoba siapa tau sampai tahap yang kedua ini bisa mengatasi tidak bisa upload foto dan video di Instagram tanpa menggunakan cara lebih lanjut mengatasi gagal upload video atau foto di Instagram.


3. Hapus Cache Aplikasi Instagram


Ketika kita anda bermain Instagram mereka akan sedikit memakan ruang penyimpanan yang biasa disebut file Cache, untuk itu coba bersihkan cache aplikasi Instagram lewat menu pengaturan Hp.


Tenang saja membersihkan file Cache tidak akan membuat kamu keluar dari aplikasi Instagram. Mungkin saja hal ini bisa memperbaiki masalah tidak bisa upload foto dan video Instagram.


4. Hapus Data Aplikasi Instagram


Jika sebelumnya hanya menghapus file cache masih tidak bisa upload foto dan video di Instagram coba sekaligus hapus data Aplikasi Instagram. Namun berbeda dari file Cache, menghapus data aplikasi Instagram akan membuat kamu log-out dari Instagram.


Caranya sangat mudah kalian tekan dan tahan pada aplikasi Instagram lalu pilih info aplikasi dan cari menu Hapus Data. Nantinya setelah hapus data aplikasi akan kembali semula seperti baru mendownload.


5. Update Aplikasi Instagram


Perlu kalian ketahui setiap developer akan berusaha memberikan yang terbaik untuk pengguna Instagram, hal ini bertujuan agar bisa memperbaiki masalah yang ada seperti tidak bisa upload video dan foto di Instagram.


Mungkin anda tidak bisa upload foto dan video di Instagram disebabkan karena aplikasi yang anda gunakan adalah versi lama, untuk itu cek play store untuk melihat apakah terdapat update untuk Instagram? Jika ada langsung update aplikasi Instagram agar bisa upload foto dan video di Instagram.


6. Restart Perangkat


Cara mengatasi tidak bisa upload foto dan video di Instagram yang terakhir adalah dengan restart Hp anda. Biasanya jika sudah terlalu banyak aplikasi yang berjalan dilatar belakang akan membuat kinerja hp jadi berat untuk itu restart Hp anda untuk mendapatkan kinerja Hp yang lebih maksimal sehingga anda bisa melanjutkan untuk upload video dan foto di Instagram.


Pesan


Masalah tidak bisa upload video dan foto di Instagram bukan karena akun Instagram kalian diblokir. Namun disebabkan karena terdapat masalah pada aplikasi Instagram atau bisa juga kinerja ponsel kalian sudah menurun sehingga menyebabkan tidak bisa upload foto atau video di Instagram.