Skip to main content

Apa itu YLOD pada PS3? dan Cara Memperbaikinya

Cara Memperbaiki YLOD PS3
 

Apa itu YLOD PS3? YLOD merupakan singkatan bahasa inggris dari Yellow Light of Death, dimana YLOD ini menandakan Play Station 3 dalam kondisi overheat atau panas yang berlebihan pada bagian processor dan GPU PS3 sehingga mengakibatkan PS3 tidak bisa berjalan atau mati.

YLOD pada PS3 biasanya di tandai dengan lampu led PS3 berkedip terus menerus saat akan di nyalakan. Pada YLOD PS3 tipe Fat di tandai dengan lampu led warna kuning, sedangkan pada YLOD pada PS3 tipe Slim berkedip warna merah.

Kondisi YLOD yang terjadi pada PS3 biasanya sering terjadi pada tipe Fat karena konsol yang di pakai terlalu rentan sehingga sering terjadi penyakit YLOD. Pada PS3 Fat hanya menggunakan processor 60 dan 65 nm ini yang mengakibatkan PS3 tipe Fat sering terjadi YLOD.

Namun tidak menutup kemungkinan penyakit YLOD pada PS3 juga bisa terjadi pada tipe Slim, terutama untuk versi CECH 2xxx. Untuk mengetahui versi CECH kalian bisa melihat pada bagian bawah mesin PS3. Lalu bagaimana cara mengatasi YLOD pada PS3?

Cara Mengatasi YLOD pada PS3


Untuk cara memperbaiki YLOD pada PS3 kalian bisa menggunakan metode Pemanasan dan Reballing. Sebelum memperbaiki YLOD PS3 kamu perlu alat seperti Obeng, Thermal Paste, Blower, Kuas dan Tissu. Berikut cara membetulkan YLOD PS3

Cara Memperbaiki YLOD PS3


1. Setelah alat untuk memperbaiki YLOD PS3 ada kalian tinggal membongkar casing PS3 kemudian bersihkan termal paste lama yang ada di GPU, Prosesor dan Mainboard dengan menggunaka tissu.

2. Selain pada komponen diatas bersihkan juga bagian heatsink dan kipas PS3 dari debu dan kotoran menggunakan kuas.

3. Panaskan GPU dan Processor menggunakan blower selama kurang dari 3 menit dengan jarak pemanasan 1cm.

4. Jika proses pembersihan sudah selesai ganti Thermal Paste yang baru pada Processor, GPU dan Heatsink. Jika sudah tutup kembali casing PS3nya.

Setelah kalian mencoba cara memperbaiki YLOD PS3 diatas tinggal mencoba untuk menyalakannya. Namun jika alat yang kurang memadai kalian bisa membawanya ke tukang service PS3 dengan mengatakan Problem YLOD PS3.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar