Skip to main content

7 Kuliner Makanan dan Minuman Khas Tegal Yang Wajib di Coba

Makanan Khas Tegal
 

Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya tersendiri yang menjadikan icon suatu wilayah tersebut. Seperti di Tegal, pasti memiliki makanan khas Tegal yang wajib di coba ketika kalian sedang berlibur di Tegal.

Mencoba makanan khas tegal tentunya harus di masukkan kedalam daftar  skedul kalian, karena mencicipi kuliner khas Tegal tidak akan rugi, bahkan kalian akan merasa ketagihan ketika sudah mencoba berbagai makanan khas Tegal yang rasanya begitu sedap.

Di tegal sendiri terdapat 7 Makanan Khas Tegal mulai dari minuman sampai makanan yang mudah di dapatkan dan harganya sangat terjangkau. Apa saja makanan khas Tegal tersebut?
 

7 Kuliner Khas Tegal


1. Tahu Aci atau Tahu Khas Banjaran


Makanan khas tegal yang pertama yaitu olahan tahu yang diberi aci atau tepung kanji di atasnya. Perpaduan cita rasa yang lembut dari tahu dan kenyal dari adonan acinya membuat Tahu aci menjadi salah satu kuliner khas Tegal yang terkenal sampai keluar daerah.

2. Olos


Olos ini merupakan jajanan gorengan dimana bentuk dari olos bulat yang di dalamnya terdapat sayuran dan cabai yang menjadikan olos menjadi salah satu hidangan khas Tegal yang harus ada selain tahu aci.

Seiring berkembangnya kuliner kini olos memiliki berbagai varian isian mulai dari sosis, ayam bahkan keju. Jadi jika kalian tidak suka pedas bisa mencoba varian olos yang tidak pedas.

3. Sega atau Nasi Lengko


Jika kalian sedang berlibur di Tegal dan sedang mencari makanan untuk mengisi perut tidak ada salahnya mencoba makanan khas Tegal yang tentunya hanya bisa di temukan di Tegal yaitu sega lengko.

Sega lengko adalah sajian nasi yang di campur dengan berbagai irisan lauk mulai dari sayur timun, tauge, kol, tahu dan di beri sambal kacang serta kerupuk dan bawang goreng sebagai pelengkap.

4. Soto Tauco


Jika di daerah lain soto memiliki kuah yang bening di Tegal sotonya sangat berbeda itu karena bumbu yang di pakai di lengkapi dengan bumbu tauco yang menjadikan cita rasa kuah dari soto tauco khas Tegal sangan kuat dan kental, cocok sekali untuk dijadikan makan siang

5. Kupat Blengong atau Glabed


Seperti namanya makanan khas Tegal yang satu ini berbahan dasar Kupat yang di iris kecil-kecil lalu di siram dengan kuah santan kental yang sangat gurih serta dilengkapi dengan kerupuk dan sate blengong.

6. Glotak


Makanan khas Tegal lainnya yang perlu di coba adalah Glotak/petis yang berbahan dasar dari gembus yang di tumbuk hingga hancur lalu di masak dengan berbagai bumbu rempah pilihan sehingga menghasilkan cita rasa yang unik dan lezat.

7. Es Lontrong


Setelah puas menyantap berbagai makanan khas tegal mulai dari makanan ringan sampai berat kini saatnya mencoba minuman khas Tegal yang hits yaitu es lontrong.

Es lontrong ini terbuat dari kacang hijau dan cincau yang diberi parutan es lalu di siram dengan air gula merah dan santan. Ini menjadikan minuman khas Tegal es lontrong sangat segar dan pas sekali di nikmati waktu siang hari.

Nah itulah makanan khas Tegal yang wajib di coba ketika sedang berkuliner ria di daerah Tegal. Kalian bisa menikmati makanan khas Tegal mulai dari makanan yang ringan seperti glotak sampai makanan berat seperti sega lengko, kupat glabed dan ditutup dengan minuman khas Tegal es lontrong.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar