Skip to main content

Wirausaha Pemuda Kabupaten Tegal


Perkenalkan nama saya Muhammad Gunawan domisili saya di Kabupaten Tegal. Saya merupakan pengusaha muda di usia saya yang genap 25th. Bisnis usaha yang saya jalankan yaitu mengenai budidaya, khususnya pembesaran ikan lele dengan memanfaatkan lahan kosong yang saya miliki.

Setelah saya memulai bisnis budidaya ikan lele saya menemukan beberapa kendala dimasalah pemasaran dan biaya perawatan ikan lele sendiri. Karena hasil penjualan yang saya peroleh dari panen ikan lele sama dengan modal saya untuk membeli benih dan pakan pelet untuk ikan lele. Untuk mengatasi hal tersebut saya berinovasi menjual produk dari bahan utama ikan lele yang menjadikan nilai harga jual hasil panen lele saya bisa lebih tinggi 100% dari harga jual biasa yang hanya 15ribu/kg.

Pembaruan yang saya buat adalah dengan berinovasi meningkatkan harga jual lele sampai 30ribu/kg dengan membuat olahan frozenfood dari bahan baku ikan lele. Produk frozenfood yang sudah saya buat adalah dengan mengolah ikan lele yang sudah melalui tahap kelayakan pangan dengan membersihkan isi perut ikan lele dan saya lengkapi dengan bumbu kuning serta dikemas secara kedap udara. Dimana menjadikan olahan frozen food ikan lele saya memiliki banyak peminat dari kalangan ibu rumah tangga.

Hanya dalam waktu 3 bulan saya berhasil menjual ratusan kilogram ikan lele segar dalam bentuk frozenfood. Selain menjual langsung ke konsumen lele frozen kami juga sudah bisa di dapatkan di pedagang sayur keliling dan beberapa outlet yang memang fokus di bidang makanan frozenfood.

Membuat olahan dengan bahan baku utama ikan lele tentu bisa mendukung industri daerah, karena budidaya ikan lele salah satu bidang pertanian hewan yang menurut saya tidak memperlukan lahan yang luas, kita bisa memanfaatkan lahan kosong atau belakang rumah untuk dijadikan tempat budidaya ikan lele

Karena tidak memperlukan lahan yang luas siapa saja bisa memulai usaha budidaya ikan lele dan tentu hal ini akan memulihkan perekonomian dengan melibatkan kelompok tidak beruntung sebagai karyawan untuk bagian pengolahan dan pengemasan.

Meskipun budidaya ikan lele dilakukan di sekitar rumah jika pemberian pakan untuk ikan lele hanya berupa pelet tidak akan mmencemari udara, bahkan bisa mengurangi limbah pasar seperti sayuran untuk di jadikan pakan alternatif ikan lele.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar