Skip to main content

Perbedaan Jenis Bank Yang Ada Di Indonesia


Sebagai manusia yang melakukan kegiatan sosial dan juga ekonomi, kita membutuhkan layanan jasa yang dimana bisa kita gunakan sebagai tempat jasa transaksi keuangan kita. Selain itu kita juga memerlukan tempat layanan jasa yang dapat menyimpan uang dan melakukan peminjaman dana untuk melakukan aktivitas ekonomi kita.


Tentunya, harus ada lembaga dan perusahaan jasa yang menawarkan kegiatan dan jasa seperti itu. Nah, inilah salah satu fungsi bank atau perbankan. Selain berguna dan juga befungsi sebagai pusat ekonomi, bank juga memiliki tugas menawarkan jasa keuangan seperti transaksi keuangan dan tempat menyimpan uang. Dengan tentunya menggunakan bank sebagai alat transaksi kita, tentunya membuat kita nyaman ketika menyimpan uang dan melakukan transaksi uang. Bayangkan saja jika kita harus menyimpan uang kita dalam jumlah yang banyak dirumah, tentunya akan menimbulkan rasa kekhwatiran akan hilangnya uang kita.


Selain itu juga tugas bank memiliki beberapa hal lain seperti agent of development, service, dll. Nah tentunya bank memiliki berbanyak macam jenis dengan memiliki tugas-tugas yang berbeda juga. Untuk itu kamu harus mengetahui jenis-jenis perbedaan bank dan juga fungsi dan tugas yang dijalankan.


Perbedaan Jenis Bank di Indonesia


Berikut ini kami membagikan bebrapa jenis bank bersama tugas dan fungsi yang dijalankan masing-masing. Simak artikel berikut ini


1. Bank Sentral

Nah yang pertama dan tentunya tugas yang paling penting adalah Bank sentral, Bank Sentral ini adalah suatu instansi yang gunanya menjaga dan bertanggung jawab mengenai suatu hal dan kebijakan dan pelaksanaan kegiatan moneter di suatu Negara termasuk di tanah air ini. Nah seperti di Negara kita ini Indonesia, bank sentralnya adalah BI atau Yang dikenal Bank Indonesia. Bank sentral seperti Bank Indonesia ini memiliki tugas dan fungsi seperti mengawasi perbankan di Negara, menjaga stabilitas harga dan mata uang seperti Rupiah di Indonesia. Bank Sentral tidak sama seperti bank pada umumnya tentunya.


2. Bank Umum Entah Itu Konven Atau Syariah

Lalu yang kedua ini, ada Bank umum yang sering kali kita lihat dan kunjungi  dan dimana fungsi, tugas dan pokok kerjanya adalah mengatur serta melayanin jalannya transaksi keuangan yang ada diMasyarakat. Bank ini pada umumnya ini mengatur jalannya lalu lintas dan transaksi pembayaran keuangan. Selain itu juga bank umum yang sering kita lihat ini memiliki fungsi dan tugas dalam menghimpun dana dari masyarakat luas dan menyalurkannya juga kepada masyarakat luar baik itu melalui bentuk pinjaman, kredit dan lain-lain.


Bank umum memiliki berbagai macam jenis juga, yaitu seperti bank konven atau konvensional dan ada juga bank syariah, perbedaannya tentunya terdapat di bagaimana bank memperoleh suatu pendapatan. Jika bank konven mendapatkan pendapatan melalui bunga, maka bank syariah melalui sistem dan cara bagi hasil. Selain itu juga ada jenis lain seperti bank devisa dan juga bank non devisa, ada bank milik pemerintah atau negara serta juga ada bank milik perorangan atau swasta.


3. BPR atau Bank Penkreditan Rakyat

Berbeda dengan bank umum, tugas dan fungsi BPR alias Bank Penkreditan Rakyat  tidak menjalankan transaksi keuangan seperti transfer dan setor tunai. Akan tetapi ia menjalankan aktivitas perbankan seperti menerima dana dan uang simpanan dalam bentuk deposito berjangka, tabungan dan bentuk lain-lain seperti itu. Berbeda dengan bank pada umumnya, bank atau BPR ini biasanya ada dan terletak di daerah daerah terpencil yang tugasnya tentu melayanin masyarakat pedesaan seperti itu.


Nah itulah 3 jenis perbedaan bank dan juga beserta tugas dan fungsi yang mereka jalankan, tentunya bank memiliki fungsi dan tugas yang sangat vital dan penting untuk masyarakat luas sebagai tempat dan juga pusat transaksi dan kegiatan Ekonomi masyarakat luas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar