Skip to main content

Penting ! Ketahui Hal Ini Agar Kamu Tau Bedanya Bank Konvensional dan Bank Syariah

Bank adalah suatu perusahaan yang tugas dan kerjanya adalah menawarkan jasa dan layanan keuangan. Bank di Indonesia memiliki fungsi atau kegunaan yaitu menghimpun atau mengumpulkan dana dari masyarakat lalu kemudian ialah menyalurkan dana melalui pinjaman atau dll kepada masyarakat juga. Tentunya bank memiliki tugas pokok penting yang turut mengatur perkembangan dan jalannya ekonomi ditengah masyarakat.

Bank pun memiliki berbagai jenis yang berbeda seperti kita ketahui ada bank yang dilihat dari hal atau segi kepemilikannya seperti bank milik Negara dan juga bank milik swasta. Kemudian dari segi layanan ada jenis bank sentral, bank umum, dan BPR alias yang dikenal Bank Pengkreditan Rakyat. Selain itu juga bank memiliki macam jenis yang lain, seperti bank konvensional dan bank syariah.

Nah, untuk bank syariah sendiri karena Indonesia adalah Negara dengan pemeluk agama Islam terbesar maka tentunya bank syariah turut hadir sebagai penyedia layanan dan jasa transaksi uang yang diperlukan oleh umat muslim di Indonesia. Bank Syariah di Tanah Air sendiri sudah berkembang dengan pesat.


Perbedaan Bank Syariah dan Bank Konvensional


Emang apa sih, perbedaan bank syariah dan bank konvensional. Penasaran ? Ayo simak artikel yang membahas sedikit perbedaan Bank Konvensional dan Bank Syariah agar kamu paham dan tau perbedaannya !. Langsung saja yuk dibaca artikelnya :

1. Perbedaan Dilihat Dari Segi Dasar Hukumnya

Yang pertama nih, perbedaan mendasar dari jenis Bank Konvensional dan Bank Syariah ialah terletak pada dasar hukum yang mereka gunakan. Seperti yang mungkin sudah kita pahami pada umumnya bahwa Bank Konvensional menggunakan dasar hukum pidana serta tentunya dasar hukum perdata. Berbeda tentang Bank Syariah, dimana Bank Syariah disini menggunakan Al-Quran, As-Sunnah, dan Ijma Para Ulama sebagai dasar hukum yang Perbankan Syariah Gunakan. Nah bagaimana baru tahu bukan ?.

2. Perbedaan Dilihat Dari Segi Operasional Dan Cara Memperoleh Laba

Nah yang kedua ini, perbedaan Perbankan Konvensional dengan Perbankan Syariah dilihat dari segi operasional mereka serta cara mereka dalam mendapatkan laba atau keuntungan. Jika tentunya Bank Konven pada umumnya memperoleh laba melalui bunga, maka PS alias Perbankan Syariah mendapatkan atau memperoleh keuntungan melalui cara atau sistem bagi hasil yang telah disepakati diawal bersama nasabah atau mitra.

3. Perbedaan Dilihat Dari Lembaga Pengawas Perbankan

Dan yang ketiga, perbedaan lainnya dapat dilihat dari lembaga pengawas. Jika Perbankan Syariah atau Bank Syariah memiliki lembaga atau dewan pengawas yang akrab atau disebut DPS alias Dewan Pengawas Syariah. Maka perbankan konven tidak memiliki dewan pengawas seperti itu.

4. Perbedaan Dilihat Dari Cara Menyelesaikan Masalah

Nah kemudian yang keempat, Perbedaan Bank Syariah dan juga Bank Konvensional pada umumnya dapat dilihat dari cara menyelesaikan atau menangani kasus bermasalah seperti kredit bermasalah salah satunya. Setelah berbagai cara yang telah diatur gagal, pada umumnya Bank Konvensional akan menyelesaikan masalah tersebut langsung melalui jalur hukum sesuai seperti hukum pidana dan perdata. Namun berbeda dengan perbankan syariah, bank syariah pada umumnya tidak langsung membawa kejalur hukum atau menyelesaikan secara hukum yang sesuai namun mereka mencoba mencari berbagai solusi dengan mengedepankan pendekatan musyawarah terlebih dahulu agar sama-sama enak.

5. Perbedaan Juga Dapat Dilihat Dari Produk Mereka

Nah yang terakhir adalah perbedaan bank syariah dan bank konven pada umumnya terletak dari segi produk yang mereka gunakan atau keluarkan. Ada beberapa produk yang dimiliki ekslusif untuk bank konven atau perbankan konven saja pada umumnya, dan ada juga beberapa produk yang eksklusif dimiliki oleh perbankan syariah atau bank syariah saja.

Nah inilah beberapa hal dasar yang harus kamu ketahui mengenai perbedaan bank konvensional dan bank syariah pada umumnya. Semua bank baik konvensional maupun bank syariah memiliki kelebihan dan tentunya kekurangan masing-masing. Ada banyak orang yang memilih bank konven dibanding bank syariah karena beberapa alasan, sebaliknya tak sedikit pula orang memilih bank syariah dibandingkan bank konven seperti pada umumnya. Namun banyak juga yang dimana orang-orang memilih kedua bank tersebut dengan berbagai alasan. Tentunya semua di gunakan sesuai kebutuhan dan keperluan individu masing-masing.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar