Skip to main content

Mudahnya Self Service Perbankan Zaman Now


Kemajuan teknologi yang saat ini dirasakan benar-benar memudahkan kehidupan manusia di era yang serba digital dan canggih saat ini. Jika dahulu kita harus bekerja dengan datang ke kantor, namun saat ini bekerja dapat dilakukan dimana saja selama ada akses internet. Selain itu, apabila dahulu jika ingin meeting dengan klien harus bertatap muka, namun akibat semua orang sudah melek teknologi, agenda meeting pun juga dapat dilakukan dimana saja.


Hal tersebut yang akhirnya juga memicu kemajuan di dunia perbankan, dimana jika kita merefleksikan kemajuannya dari tahun ke tahun, saat ini teknologi di dunia perbankan memudahkan para nasabah untuk melakukan transaksi tanpa harus menghabiskan waktu berjam-jam.


Dari awalnya jika nasabah ingin setoran tunai datang ke bank dan setoran dilakukan oleh teller, pada saat ini nasabah hanya perlu mencari mesin ATM yang menyediakan fasilitas setoran tunai, urusan menabung pun beres tanpa terpaku jam operasional bank.


Begitupun dengan layanan pengaduan ke Customer Service , nasabah sudah disiapkan CS online di area tiap-tiap bank yang sudah disediakan. Nasabah hanya perlu datang ke area bank yang biasanya di taruh di pusat perbelanjaan seperti mall, dan nantinya akan face to face dengan pihak CS melalui layar saja, tidak perlu datang ke bank dan menunggu antrian seperti biasanya. 


Hal tersebut semakin didorong sejak adanya wabah pandemi COVID-19 yang masuk ke Indonesia di awal-awal tahun 2020. Dunia perbankan dituntut untuk tetap menjalankan fungsinya meski dengan pembatasan yang ada. Hal tersebutlah akhirnya dunia perbankan memiliki self service machine (layanan mandiri).


Untuk mesin layanan mandiri ini, perbankan menggunakan mesin hybrid dimana satu mesin ini dapat melayani beragam layanan dalam satu mesin, diantaranya layanan setoran tunai, layanan pengambilan data elektronik, dan juga internet banking. Untuk mesin ini, nasabah dapat dimungkinakan melakukan secara mandiri apa yang biasa dilaporkan kepada tim Customer Service bank.


Self Service Perbankan


Dengan pembatasan layanan tatap muka oleh pihak bank nasabah sangat dibantu dengan adanya mesin layanan mandiri ini, dikarenakan nasabah tidak perlu menunggu esok hari apabila ingin mengganti kartu ataupun membuka rekening baru jika nomor antrian yang ditetapkan oleh bank sudah habis. Cukup dengan datang ke area layanan digital bank yang berada dekat dengan lokasi nasabah, menyiapkan KTP elektronik, dan tidak butuh waktu lama untuk melakukannya.


Nasabah hanya perlu pindai / scan KTP pada mesin yang sudah disediakan, dan jika berhasil terpindai, maka nasabah hanya perlu mengikuti langkah-langkah untuk menyelesaikan transaksinya, untuk pergantian kartu, ataupun pembukaan rekening baru. Namun nasabah harus memastikan KTP nya sudah elektronik dan terdaftar di Dukcapil, apabila belum, maka mesin tidak dapat membaca KTP tersebut.


Terkait tanda tangan, nasabah hanya perlu menandatangani di atas mesin tanda tangan digital, dan nanti akan langsung terekam di data mesin tersebut, sehingga meskipun melalui mesin, namun nasabah yang datang haruslah yang memiliki data-data tersebut dan tidak dapat diwakilkan. 


Layanan tersebut selain memudahkan nasabah dan menghemat waktu, juga dapat meminimalisir adanya keramaian yang mungkin terjadi pada antrian bank, dikarenakan saat ada wabah COVID-19, warga diharapkan untuk menghindari kerumunan dan juga mengurangi aktivitas layanan tatap muka guna meminimalkan penularan virus tersebut. Namun sayangnya, belum semua bank yang memiliki layanan mesin hybrid demikian, dan hanya terbatas di area-area kota besar saja, diharapkan layanan mesin mandiri ini dapat menyentuh area kota lainnya di Indonesia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar