Skip to main content

Mengenal Beberapa Jenis Akad Layanan Jasa Dari Bank Syariah !

akad bank syariah

Bank Syariah yang menjadi pusat ekonomi bagi masyarakat Islam tentunya sekarang berkembang pesat. Baik di dunia ataupun diIndonesia, seperti kita ketahui pada umumnya yang dimana tugas bank syariah selain menjalankan aktivitas perbankan seperti bagaimana pada umumnya. Bank syariah juga melayanin berbagai transaksi keuangan seperti investasi dengan produk giro syariah, deposito syariah dan lain-lain.


Selain itu banyak sekali juga program dan produk dari bank syariah yang cukup banyak digunakan dan menjadi solusi transaksi dan kegiatan ekonomi bagi umat Islam. Namun meskipun ini Bank Syariah bukan berarti orang atau nasabah yang bukan beragama Islam tidak boleh menggunakan bank syariah untuk bertransaksi. Tentunya Bank Syariah melayanin semua umat dan masyarakat diIndonesia ini tentunya yang tetap berpegang teguh dengan pedoman Al-Quran dan As-sunnah.


Nah salah satu produk perbankan syariah lainnya adalah layanan jasa bank syariah, yang dimana maksudnya adalah bank Syariah menerima imbalan atas jasa perbankan diluar fungsi utamanya sebagai lemabaga intermediasi keuangan. Nah artinya bank syariah tidak hanya melayani transaksi keuangan seperti menabung atau setor tunai saja tetapi ada juga layanan jasa diluar dari fungsi utama bank syariah.


Layanan Jasa Yang Ada di Bank Syariah


Nah berikut kami membahas mengenai produk layanan jasa bank syariah beserta penggunaan akad yang dipakai dalam produk layanan jasa bank syariah :


1. Layanan Jasa Bank Syariah – Wakalah

Layanan jasa bank syariah yang menggunakan akad wakalah adalah artinya yaitu penyerahan atau pemberian mandat dari pihak lain (Mitra) ke pihak lainnya seperti bank untuk mewakili pihak pemberi mandat tersebut dalam melaksanakan urusan dengan batasan kewenangan dalam waktu tertentu. Seperti contoh produk layanan jasa bank yang menggunakan akad ini ialah L/C atau Letter of Credit.


2. Layanan Jasa Bank – Kafalah

Selanjutnya adalah layanan jasa bank yang menggunakan akad kafalah, maksudnya disini adalah bank yang bertindak sebagai penjamin nasabah. Yang dimana bank sebagai pihak yang menjamin dan nasabah adalah pihak yang terjamin. Nah akad ini biasanya sering digunakan dalam produk Bank Garansi dimana ialah suatu Janji tertulis yang diberikan oleh bank kepada pihak ketiga dimana bank menyatakan sanggup memenuhi kewajiban-kewajiban kepada pihak ketiga dimaksud apabila pada suatu waktu tertentu yang telah ditetapkan pihak yan dijamin (nasabah) tidak memenuhi kewajibanny.


3. Layanan Jasa Bank – Jualah

Setelah layanan jasa bank yang menggunakan akad wakalah, kafalah. Ada juga layanan jasa bank yang menggunakan akad jualah yang dimana artinya adalah pihak pertama menjanjikan imbalan tertentu kepada pihak kedua atas pelaksanaan suatu tugas ataua pelayanan yang dilakukan oleh pihak kedua untuk kepentingan pihak pertama. Dalam akad ini biasanya produk yang sering digunakan salah satu contohnya ialah seperti Dukungan bank yang artinya surat keterangan yang diterbitkan atau dikeluarkan oleh pihak Bank atas permintaan nasabah.

 

4. Layanan Jasa Bank – Ijarah

Seperti yang mungkin sudah kita ketahui bahwa ijarah merupakan salah satu akad yang sering digunakan dalam produk layanan jasa bank. Maksud akad ijarah disini ialah Hak untuk memanfaatkan barang/jasa dengan membayar imbalan tertentu. Nah adapun salah satu contoh dari produk layanan jasa bank syariah yang menerapkan akad ini ialah safe box deposit


Nah itulah beberapa produk layanan jasa bank syariah beserta akad penerapannya. Tentunya masih banyak lagi beberapa contoh produk dari layanan jasa bank yang sering dipakai dan digunakan oleh  nasabah. Tentunya bank syariah memiliki dampak yang sangat positif bagi perkembangan ekonomi dan sentral transaksi serta ekonomi umat Islam dan masyarakat Indonesia.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar