Skip to main content

Mari Mengenal 7 Produk Bank dan 4 Manfaat Menabung di Bank


Bank merupakan jasa penyedia layanan keuangan yang sudah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Setiap hari, aktivitas keuangan lebih sering dilakukan di Bank. Mulai dari menyimpan/menabung, melakukan peminjaman, mengambil uang, hingga pembayaran. 


Menurut data pada BPS per tahun 2019, bank dikelompokkan menjadi Bank Umum dan Bank Pengkreditan atau Pembiayaan Rakyat. Bank Umum sendiri berjumlah 110 terdiri dari Bank Umum Konvensional (Persero) yang berjumlah 4, Bank Pembangunan Daerah berjumlah 24, Bank Swasta Nasional berjumlah berjumlah 60, Kantor Cabang Bank Asing berjumlah 8, Bank Pembangunan Daerah jenis Syariah berjumlah 2, dan Bank Swasta Nasional berjumlah 12. Bank Pengkreditan atau Pembiayaan Rakyat berjumlah 1709 yang terdiri dari BPR Konvensional yang berjumlah  1545 dan BPR Syariah berjumlah 164.


Namun, masih banyak dari kita yang belum mengetahui produk-produk apa saja yang dihasilkan oleh Bank. Bank, sebagai pelayan keuangan, telah bertransformasi dengan melahirkan berbagai macam produk perbankan yang bervariasi. Sebagai pengguna layanan Bank, kita harus mengetahui apa saja produk-produk yang telah dihasilkan oleh Bank sehingga kita bisa mengetahui manfaatnya.


Selain mendapatkan manfaatnya dalam hal mengatur finansial, mengetahui produk-produk bank memungkinkan Anda untuk tidak banyak terlibat dalam pertengkaran dengan petugas atau teller yang menjaga bank. Anda akan lebih memahami fungsi dari produk-produk yang dihasilkan oleh bank. Manfaat-manfaat tersebut memungkinkan Anda untuk lebih bijaksana dalam mempercayakan urusan finansial Anda kepada bank.


7 jenis layanan produk yang dihasilkan oleh Bank


1. Tabungan

Produk yang satu ini cukup familiar di kalangan masyarakat. Tabungan merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan dengan syarat tertentu yang disepakati. Penarikan juga tidak dapat dilakukan dengan cek atau bilyet, giro, dan alat lainnya.


2. Kartu Kredit

Selain tabungan, kartu kredit merupakan produk yang juga cukup familiar di kalangan masyarakat. Kartu kredit merupakan alat pembayaran yang berupa kartu di mana terdapat sebuah nama, nomor keanggotaan, dan tanda tangan pemegang kartu yang dapat memberikan substitusi cara pembayaran yang sah di samping alat pembayaran yang sah lainnya.


3. Kartu Debit

Kartu debit merupakan sebuah kartu yang digunakan pada ATM yang memungkinkan nasabah mendapatkan dana langsung dengan cepat yang diambil dari rekening bank yang terdapat saldo dengan jumlah tertentu melalui mesin ATM


4. Rekening Giro

Rekening Giro merupakan simpanan yang penarikannya dapat dilakukan setiap saat  dengan menerbitkan cek untuk penarikan tunai. Cek tersebut oleh pemiliknya dapat digunakan untuk alat pembayaran.


5. Deposito

Deposito merupakan simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan pada waktu tertentu sesuai tanggal yang telah ditentukan antara deposan (pengguna) dan bank.


6. Automated Teller Machine (ATM)

Automated Teller Machine alias mesin ATM merupakan fasilitas perbankan untuk membantu dalam memberikan kemudahan dan kenyamanan untuk para nasabah dalam kegiatan transaksi perbankan baik tunai maupun non-tunai supaya terhindar dari antrean panjang.


7. Call Banking

 produk ini merupakan produk perbankan berbasis elektronik yang bermanfaat agar nasabah dapat menerima layanan informasi perbankan dan melakukan transaksi finansial non-tunai melalui telepon seluler.



Nah, bagaimana? Sekarang, Anda sudah tahu kan 7 produk bank di atas. Sudah siap untuk menabung di bank dan mengambil manfaatnya? Berikut ini merupakan manfaat yang kita dapatkan jika kita menabung di bank.


Manfaat Menabung di Bank


1. Tabungan Aman

Menabung adalah kegiatan yang baik. Dengan menabung di bank, Anda dapat menyimpan uang Anda dalam keadaan aman. Anda dapat menyisikan pendapatan Anda dan menghemat dengan cara menabung di bank.


2. Tabungan Terjamin

Dengan menabung di Bank, tabungan Anda sudah dipastikan terjamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku.


3. Berkembang

Menabung di bank, Anda akan mendapatkan keuntungan melalui bunga yang diberikan oleh bank. Besaran bunga tersebut tergantung masing-masing bank


4. Praktis

Zaman sekarang, menabung di bank semakin mudah dikarenakan banyak tersedia layanan elektronik yang melayani Anda 24 jam penuh.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar