Skip to main content

Berikut Ini Beberapa Produk Dari Perbankan Syariah Yang Menjadi Unggulan Bagi Bank Syariah, Pahami !!!


Bank syariah atau perbankan syariah hampir sama saja seperti bank pada umumnya, yang dimana tugasnya tetap sama saja bank konvensional yaitu Menghimpun dana masyarakat dan menyalurkannya kepada masyarakat jugalah. Tentunya bank syariah, pertama kali didirikan di Indonesia untuk tempat pelayanan dan sebagai sentral ekonomi khususnya untuk umat Islam.

 

Bank Syariah di tanah air ini pertama kali didirikan oleh Para Ulama dan cendekiawan muslim dengan Bank Muamalat sebagai bank syariah Pertama di Indonesia. Bank Muamalat inilah yang menjadi pelopor perbankan khususnya dalam perbankan syariah di Tanah air ini. Bank Muamalat pada masa itu bahkan berhasil lolos dan tidak mengalami dampak yang serius akibat krisis yang pernah melanda Negeri ini pada masa itu, yang dimana bank-bank konven lain mengalami dampak yang parah akibat krisis itu. Tentunya hal ini menjadi sejarah dan cikal bakal tumbuh serta berkembang pesatnya ekonomi syariah di Indonesia.

 

Meskipun memiliki tugas yang sama seperti bank konven pada umumnya, namun Bank Syariah memiliki perbedaan yang signifikan dalam manajemen dan operasionalnya. Tentunya baik dari segi landasan hukum yang dimana Bank Syariah sangat berpegang teguh pada Al-Quran dan As-Sunnah serta tidak mengambil bunga akan tetapi mengantinya dengan bagi hasil. Tentunya hal itu menarik umat Islam untuk menggunakan Bank Syariah sebagai tempat transaksi keuangan karena sangat sesuai dengan pedoman dan ajaran kita Umat Islam.

Keunggulan Bank Syariah

Selain hal itu, ada beberapa juga perbedaan antara perbankan syariah dan konvensional salah satunya juga adalah produknya. Nah berikut ini kami membahas produk perbankan syariah yang cukup populer dan menjadi unggulan bagi perbankan syariah :

 

  1. Produk Bank Syariah Yang Pertama Yaitu,  Tabungan Syariah

Sama halnya seperti bank pada umumnya, dimana salah satu produk perbankan adalah produk tabungan. Namun berbeda seperti tabungan pada bank konvensional, Tabungan Syariah yang digunakan memiliki ciri khas yaitu menggunakan akad Wadiah. Yaitu dimana kita sebagai nasabah atau mitra nenitipkan uang kebank, namun tidak ada keuntungan bunga. Hanya menitipkan, tetapi kita bisa mendapatkan bonus dari pihak bank syariah

  1. Produk Bank Syariah Yang Kedua, Deposito Syariah

Deposito merupakan salah produk investasi yang banyak dipilih oleh masyarakat pada umumnya. Namun Deposito dalam produk perbankan syariah memiliki perbedaan yaitu dimana Deposito pada Bank Syariah menggunakan akad Mudharabah. Yang dimana ialah akad kerja sama, berbeda dengan bank konven. Perbankan Syariah memilih sistem bagi hasil dalam proses pembagian keuntungannya. Artinya sama-sama menguntungkan entah itu bagi pihak bank atau kita sebagai Nasabah atau mitra.

  1. Produk Bank Syariah Yang Ketiga, Pembiayaan Syariah

Pembiayaan Syariah biasanya menggunakan akad Mudharabah maupun Ijarah, dalam akad mudharabah biasanya kita sebagai pihak nasabah yang memerlukan pembiayaan akan menjadi pihak mudharib atau yang mengelola dan pihak bank sebagai sohibul maal atau yang menyediakan dana. Tentunya dimana pembiayaan syariah ini dilakukan sesuai ketentuan dan prinsip syariah. Selain itu dalam memperoleh keuntungan, Pembiayaan Syariah menggunakan sistem bagi hasil dimana tentunya tidak saling memberatkan satu sama lain serta sama-sama mendapatkan bagi untung serta bagi rugi yang sesuai.

 

Nah itulah beberapa produk perbankan pada bank syariah yang menjadi unggulan dan sering digunakan masyarakat. Tentunya masih banyak lagi produk perbankan khususnya bank syariah seperti giro syariah, gadai syariah dan masih banyak lagi diantaranya. Tentunya bank khususnya bank syariah menjadi salah satu hal yang menjadi pusat ekonomi kita khususnya umat muslim, entah itu sebagai tempat menyimpan uang, berinvestasi, atau meminjam uang ke bank syariah lewat pembiayaan syariah. Tentunya hal ini sangat baik, karena bank salah satu tugasnya yaitu agent of development yaitu sebagai pihak yang turut membangun ekonomi masyarakat luas.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar