Skip to main content

Beberapa Jenis Akad Yang Sering Digunakan Oleh Bank Syariah, Wajib Diketahui !


Bank, memiliki berbagai macam jenis perbedaan dan juga fungsi serta tugasnya yang juga berbeda. Sebut saja seperti Bank Sentral yang tugasnya bukan seperti bank pada umumnya yang melayani jasa transaksi keuangan. Tugas bank sentral adalah melakukan tanggung jawab Moneter dan juga menjaga stabilitas keuangan, pangan dan mata uang suatu negara. Nah, berbeda dengan Bank Sentral. Bank umum gunanya dan tugasnya adalah melayanin jalan dan lalu lintas suatu transaksi keuangan, dan juga tentunya menghimpun serta menyalurkan dana dari masyarakat untuk masyarakat. 


Bank umum juga memiliki perbedaan dengan beberapa jenis, seperti bank umum konvensional dan bank umum jenis syariah. Berbeda dengan bank umum pada umumnya, bank syariah tentunya karena melambangkan simbol syariah. Tentunya sudah pasti harus berlandaskan dan berdasarkan prinsip dan aturan syariah yang telah di tetapkan sebagai pedoman operasional mereka. Ada beberapa perbedaan lain juga yang membedakan Bank Umum Konven dengan Bank Umum syariah seperti tidak adanya unsur bunga dan juga menerapkan akad sebagai perjanjian sebelum melakukan kontrak kepada nasabah.


Akad maksudnya adalah kesepakatan ataupun ikatan antara pihak nasabah atau mitra kepada bank yakni dengan ijab dan qabul. Tentunya dalam transaksi perbankan dan kegiatan bank syariah haruslah ada akad yang digunakan. Tentunya dalam kegiatan syariah khususnya transaksi perbankan syariah ada banyak sekali akad yang sering digunakan.


Akad Bank Syariah


Berikut ini kami merangkum jenis-jenis akad yang paling sering digunakan oleh Bank Syariah dan juga tentunya beserta pengertian singkatnya. :


1. Pertama, Akad Yang Sering Digunakan Adalah Wadiah

Nah pertama, ada akad yang palig sering digunakan oleh pihak dan perbankan syariah dalam transaksi. Wadiah atau akad wadiah adalah akad penitipan suatu barang dari nasabah kepada pihak bank yang tentunya sudah diberikan kepercayaan dalam menjaga titipan tersebut dengan aman, terjamin dan keselamatan. Akad ini cukup sering digunakan dan dipakai dalam suatu produk perbankan syariah seperti salah satu Giro Syaria yang dimana menggunakan akad Wadiah yadh dhamanah.


2. Kedua, Akad Yang Sering Digunakan Adalah Mudharabah Atau Akad Mudharabah

Selanjutnya, setelah wadiah. Akad ini juga sangat sering dan kebanyakan dipakai oleh tiap-tiap perbankan syariah. Akad Mudharabah ini adalah akad yang dimana suatu perjanjian kerjasama antara suatu pihak dalam hal ini Sohibul Maal yang memiliki dana bisa dalan hal ini pihak bank dan dengan pihak mudharib atau pengelola dalam hal ini pihak nasabah atau mitra dengan perjanjian dan ketentuan yang telah diatur dan disepakati diawal tentunya begitu juga pembagian keuntungannya. Mudharabah ini memiliki jenis bermacam-macam, dan akad jenis ini paling banyak digunakan di produk perbankan syariah salah satunya adalah pembiayaan syariah.


3. Ketiga, Akad Yang Sering Digunakan adalah Ijarah

Nah yang ketiga, akad yang juga cukup sering dipakai dan diimplementasikan dalam produk perbankan syariah adalah akad ijarah seperti pada produk transaksi sewa-menyewa. Akad ijarah ini sendiri memiliki pengertian yaitu akad yang digunakan untuk pemindahan pada umumnya adalah suatu barang kepemilik satu dengan pemilik lain yang dibayarkan hak sewa namun tentunya tidak diikuti dalam pemindahan hak barang atau hak kepemilikan.


Nah itulah tadi beberapa jenis akad akad dalam transaksi kegiatan perbankan syariah yang paling sering diterapkan dan digunakan dalam produk perbankan syariah. Ada banyak lagi sebenarnya akad-akad dalam transaksi perbankan syariah. Namun itulah diantaranya yang paling cukup populer dan dipakai dalam produk perbankan syariah. Baru tahu bukan? Nah semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu kita dalam mengenali dan memahami perbankan syariah.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar