Skip to main content

5 Produk Perbankan yang Paling Sering Digunakan


Dalam data statistik yang diterbitkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per bulan Juli tahun 2019 mencatat ada 155 bank umum yang beredar di Indonesia. Adapun jumlah bank khusus perkreditan atau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) diketahui terdapat 1.597 bank. Oleh karena itu, di mana pun Anda berada pasti sudah cukup familiar dengan banyaknya produk perbankan yang beredar.


Adapun fungsi utama dari bank yang sangat populer di telinga masyarakat adalah untuk menyimpan dan menyalurkan dana. Namun, ternyata bukan hanya itu produk bank yang ada. Ada berbagai jenis produk dari bagian perbankan yang sangat populer dan paling sering digunakan. Apa saja itu? Simak artikel ini sampai habis.


5 Layanan Perbankan yang banyak di gunakan


1. Tabungan


Ya, seperti yang diketahui secara umum. Produk perbankan yang paling populer adalah tabungan. Tabungan dalam setiap jenis bank juga berbeda, yang pastinya masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.


Tabungan merupakan salah satu kegiatan operasional bank yang utama. Adapun tabungan dalam perbankan tidak hanya satu, melainkan berbagai macam yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.


Produk perbankan berupa tabungan sangat populer digunakan karena dipercaya aman oleh masyarakat. Melalui tabungan perbankan, proses pemindahan dan penarikan dinilai bisa dilakukan sangat singkat dan aman. Adapun berbagai produk bank dari tabungan adalah seperti ATM, Buku tabungan, Setoran awal, Bunga, hingga Biaya bulanan.


2. Giro


Mungkin sebagian orang akan bingung dengan kata asing ini. Giro merupakan salah satu produk perbankan untuk menyimpan uang di bank tetapi berberda dengan tabungan biasa pada umumnya. Adapun beberapa perbedaan antara Giro dan tabungan biasa yakni tidak ada batasan atau limit, kemanan yang sangat ketat, serta manfaat bonus atau bunga.


3. Deposito


Adapun produk perbankan yang lain adalah Deposito. Deposito merupakan produk yang bisa digunakan untuk menyimpan uang dalam batas waktu penyimpanan tertentu. Berbeda dengan Tabungan dan Giro, Deposito memiliki batas waktu penyimpanan serta tanggal jatuh tempo.


Adapun manfaat menyimpan uang melalui produk Deposito yakni dapat digunakan sebagai jaminan apabila seseorang mendesak dan butuh kredit uang. Selain itu, bunga yang ditawarkan oleh Deposito juga relatif tinggi dari yang lain. Adapun Deposito juga sudah terjamin oleh lembaga penjamin simpanan, sehingga uang yang Anda titipkan bisa aman meskipun terjadi tindak kejahatan.


4. Kredit


Produk perbankan selanjutnya adalah Kredit. Mungkin Anda sudah cukup familiar mendengar kata ini. Kredit merupakan sebuah produk yang memungkinkan seseorang untuk meminjam uang di bank dengan beberapa jaminan serta tenggat waktu dan bunga.

Kredit pastinya memiliki aturan yang jelas. Tidak sembarang orang dapat meminjam uang dalam bentuk kredit. 

Karakteristik dari kredit yang dimiliki oleh bank antara lain memiliki jangka waktu, suku bunga, cara pembayaran, iuran, jaminan, serta biaya administrasi sampai asuransi. Adapun kesemua aturan tersebut dibuat demi memperlancar dan memaksimalkan produk perbankan dan menyejahterakan nasabah.


5. Layanan Jasa


Tak hanya itu, perbankan juga memberikan pelayanan jasa terbaik untuk para nasabanya. Ada berbagai macam pelayanan yang diberikan bank dengan memanfaatkan teknologi. Misalnya, kehadiran mobile banking yang mempermudah transaksi secara online, proses penagihan secara online, penanganan keluhan, dan masih banyak lagi.


Demikianlah beberapa produk perbankan yang ada pada berbagai bank di seluruh Indonesia. Jadi, bagi Anda yang membutuhkan produk tersebut, silakan untuk mencari bank yang cocok dengan aktivitas Anda.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar