Skip to main content

Cara Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Lewat ATM BRI

Membayar pajak kendaraan bermotor lewat ATM BRI merupakan salah satu bentuk kemudahan yang diberikan oleh BRI untuk nasabahnya. Bagi warga negara Indonesia yang cinta akan tanah air harus patuh membayar pajak motor. Pajak motor tersebut perlu dibayar dalam jangka waktu mulai dari perbulan, pertahun atau per 5 tahun.


Pajak kendaraan bermotor merupakan salah satu jenis pajak yang harus dibayarkan setiap 1-5 tahun. Pajak motor dijatuhkan kepada setiap pemilik kendaraan roda dua seperti motor dan sejenisnya. Pajak motor sendiri terdiri dari pajak yang di bayar setiap tahun dan pajak motor yang harus dibayar setiap 5 tahun serta bisa dibayar melalui ATM BRI.


Untuk mempermudah proses pembayaran pajak kendaraan bermotor ATM BRI bisa kalian gunakan untuk membantu melakukan proses bayar pajak motor. Syaratnya tentu kalian harus sudah memiliki atau membuat kartu ATM Bank BRI dan terdapat saldo yang cukup untuk bayar pajak.


Cara Bayar Pajak Motor Lewat ATM BRI


cara bayar pajak motor via atm bri


Jika kalian termasuk orang yang sibuk dengan pekerjaan dan tidak ada waktu untuk datang ke kantor samsat, layanan bayar pajak motor lewat ATM BRI adalah solusinya. Untuk  cara bayar pajak lewat ATM BRI simak tutorialnya dibawah ini.


1. Kirim SMS Kode Pembayaran


Cara bayar pajak motor lewat ATM BRI yang pertama adalah dengan mengirim SMS kode pembayaran ke nomor 0811 211 9211 dengan format "esamsat - nomor rangka kendaraan - nomor KTP pemilik motor". Selanjutnya kirim sms dan tunggu balasan dari nomor tersebut.


SMS balasan yang akan anda terima terdiri dari 2 sms yang berbeda, untuk sms yang pertama yaitu berisi rincian pembayaran pajak dan informasi kendaraan yang akan anda lakukan pembayaran pajak lewat ATM BRI.


Pada SMS yang pertama anda akan menerima kode 16 digit angka dimana kode ini digunakan untuk bayar pajak motor lewat ATM BRI. Pastikan anda menyimpan SMS balasan dari nomor tersebut atau bisa dengan memakai fitur screenshot.


2. Cara Pembayaran Pajak di ATM BRI


Selanjutnya kalian tinggal pergi ke ATM BRI terdekat pastikan mesin ATM bisa digunakan dan antrian tidak terlalu panjang untuk menghindari kebosanan ketika antri, serta pastikan juga saldo anda cukup untuk melakukan pembayaran pajak motor lewat ATM BRI. Cara bayar pajak motor di ATM BRI selanjutnya adalah.


1. Masukkan ATM dan PIN rekening BRI anda.

2. Pilih menu pembayaran.

3. Pilih menu pajak, lainnya.

4. Lalu pilih E-SAMSAT. Lalu masukan kode daerah tempat anda bayar pajak contohnya 11355 untuk kode jateng.

5. berikutnya masukkan kode 16 digit yang sebelumnya kamu peroleh dari SMS dan tekan OK.

6. Setelah itu tunggu hingga terdapat informasi mengenai pembayaran pajak dan rincian kendaraan yang anda miliki di layar mesin ATM.


Nah itulah cara bayar pajak motor lewat ATM BRI. Pastikan anda menyimpan bukti pembayaran seperti struk yang keluar dari mesin ATM ketika selesai melakukan proses bayar pajak kendaraan lewat ATM BRI.


Selanjutnya berikan struk bukti pembayaran pajak lewat ATM BRI kepada pihak samsat untuk dilakukan proses konfirmasi bahwa yang bersangkutan baik itu kendaraan dan orangnya sudah melakukan pembayaran pajak lewat ATM BRI.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar