Skip to main content

Membuat Hand Sanitizer Sendiri di Rumah Dari Bahan Alami

Hand sanitizer bisa kalian dapatkan secara cepat dengan membelinya di apotek, namun membuat hand sanitizer sendiri dinilai jauh lebih aman dan murah dibanding membeli hand sanitizer di apotek, karena disini kita akan membuat hand sanitizer dari bahan alami yang bisa dengan mudah didapatkan disekitar kita.

Membuat hand sanitizer dari bahan alami memang lebih sehat, baik untuk kulit maupun organ tubuh lainnya. Sebab bahan membuat hand sanitizer yang akan kami jelaskan sudah sering kalian temui setiap hari.

Membuat hand sanitizer dirumah memang sangat menguntungkan, karena disaat ramainya virus corona masyarakat dianjurkan untuk selalu cuci tangan sehabis beraktivitas menggunakan hand sanitizer, itulah yang menyebabkan kelangkaan hand sanitizer dan juga masker.

Cara Membuat Hand Sanitizer


Bahan alami hand sanitizer

Ketersediaan hand sanitizer yang semakin berkurang di indonesia membuat masyarakat kita harus menyesuaikan dengan keadaan tersebut, salah satunya adalah dengan membuat hand sanitizer sendiri dengan memanfaatkan bahan bahan yang ada di sekitar.

Seperti yang dilakukan oleh Heni, warga kota Banjar, Jawa Barat. Dia berhasil membuat hand sanitizer dengan daun sirih dan sebagainya untuk dijadikan bahan alami untuk membuat hand sanitizer.

Selain daun sirih masih ada beberapa bahan yang bisa dijadikan hand sanitizer alami. Tentunya bahan yang kami anjurkan mudah untuk didapatkan dan tentunya sangat murah dibanding antiseptic di apotek yang harganya semakin mahal.

Bahan Alami Untuk Membuat Hand Sanitizer atau Antiseptic


Daun Sirih dan Kulit Rambutan


Cara membuat hand sanitizer dari daun sirih dan kulit rambutan sangatlah mudah, yang perlu anda lakukan adalah merebus kedua bahan tersebut lalu mencampurkannya ke dalam botol spray yang sudah disiapkan.

Penggunaan daun sirih dan kulit rambutan untuk bahan hand sanitizer memang banyak dianjurkan, karena daun sirih memiliki sifat antiseptik sedangkan kulit rambutan bersifat antioksidan yang baik.

Selain kulit rambutan, kamu bisa juga menggantinya dengan kulit manggis, karena kedua kulit buah ini sama sama memiliki sifat antioksidan. Kamu bisa juga menambahkan minyak zaitun secukupnya ke hand sanitizer hasil buatan sendiri dari campuran bahan diatas.

Daun Kemangi dan Lidah Buaya


Apakah anda tau bahwa sebetulnya daun kemangi dan lidah buaya bisa juga dijadikan bahan alami untuk membuat hand sanitizer. Sama seperti kedua bahan sebelumnya, daun kemangi dan lidah buaya juga memiliki perpaduan sifat antiseptik dan antioksidan yang baik untuk dijadikan bahan antiseptic.

Cara membuatnya sangat mudah, kupas terlebih dahulu lidah buaya-nya lalu haluskan dengan blender bebarengan dengan mencampurkan daun kemanginya. Setelah halus saring dan masukkan ke dalam botol hand sanitizer atau botol spray.

Membuat hand sanitizer dengan lemon


Karena kandungan zat asamnya yang tinggi buah lemon bisa juga dijadikan bahan alami untuk membuat antiseptik. Selain bisa membunuh kuman, lemon dipercaya bisa membuat kulit tetap cerah dan lembut.

Cara membuat hand sanitizer dari buah lemon pun sangat mudah, yang perlu kalian lakukan hanya mengambil perasan dari buah lemon yang ditambahkan air secukupnya lalu masukkan ke dalam botol spray.

Penutup


Untuk membunuh kuman di tangan memang bisa dilakukan dengan mencuci tangan dengan sabun, namun bagi kebanyakan orang mencuci tangan pakai sabun  dinilai terlalu ribet, maka kebanyakan orang lebih memilih menggunakan antiseptik karena mudah dibawa kemana saja.

Untuk itu dengan membuat hand sanitizer sendiri dari bahan alami sangat membantu sekali, selain bahan alami untuk membuat hand sanitizer mudah di dapat, biaya yang kita perlukan untuk membuat hand sanitizer sendiri pun sangat murah.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar