--> Skip to main content

Mekanisme Cara Mengurus Surat Tilangan di Kantor Kejaksaan Slawi

Proses mengurus surat tilang di kantor kejaksaan negri

Mengurus surat tilang di kejaksaan - Bersepeda motor selain harus safety ridding, pengendara juga diwajibkan untuk melengkapi surat kendaraan berupa SIM dan STNK, hal ini sesuai dengan pasal 288 ayat 1 akan dikenakan pidana kurungan paling lama dua bulan atau denda paling banyak Rp 500.000.

Jelas jika pengendara tidak dapat menunjukkan surat kendaraan baik itu SIM dan STNK maka polisi yang bertugas akan memberikan sanksi berupa surat tilangan slip merah atau biru sesuai dengan kondisi pelanggar hukum yang terkena tilangan.

Berbicara mengenai slip surat tilangan warna merah ataupun biru tentu saja memiliki perbedaan, slip warna merah biasanya diberikan kepada pelanggar lalu lintas jika dirinya merasa tidak melanggar hukum. Sebaliknya, jika slip biru yang diterima maka disini pengendara mengakui bahwa dirinya memang salah dan bisa mengurus surat tilangan langsung di kantor kejaksaan terdekat.

Berdasarkan pengalamn saya pagi ini habis mengurus surat tilangan di kantor kejaksaan, disini saya akan mencoba berbagi pengalaman pribadi bagaimana prosedur dan cara mengurus surat tilangan warna biru dikantor kejaksaan slawi tepatnya.

Cara Mengurus Surat Tilang di Kejaksaan Negeri


Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwasanya bagi pengendara yang melanggar lalu lintas dan mendapat slip biru maka bisa langsung mengurusnya dikantor kejaksaan terdekat sesuai dengan kota dimana anda terkena tilangan.

Untuk mengurus surat tilang dikejaksaan negri itu sebetulnya sangat mudah, hanya saja jika memang belum pernah mengalaminya sendiri tentu akan membuat bingung al hasil pasti lebih memilih orang lain untuk mengurusnya.

Sebetulnya megurus surat tilang di kejaksaan memang bisa diwakilkan jika memang yang bersangkutan tidak bisa menghandirinya sendiri. Namun alangkah lebih baiknya mengurus surat tilangan sendiri, karena selain buat pengalaman juga bisa menghemat keuangan dibandingkan lewat jasa calo.

Syarat mengurus surat tilang di kantor kejaksaan


Tenang saja bagi kalian yang hendak ke kantor kejaksaan untuk mengurus surat tilang, tidak perlu mempersiapkan berbagai surat-surat lainnya, yang dibutuhkan hanyalah uang 100 ribu atau tergantung berapa pasal yang telah anda langgar  dan jangan lupa untuk membawa slip tilang warna biru yang anda terima.

Jika syarat mengurus surat tilangan telah dipersiapkan langkah selanjutnya anda tinggal pergi ke kantor kejaksaan tergantung dimana kota anda terkena tilangan pada waktu itu.

Cara mengurus surat tilangan di kejaksaan negeri


1. Masuk kebagian pengambilan nomor antrian. Di sini anda menyerahkan slip biru yang akan ditukar dengan nomor antrian.

2. Tunggu hingga nomor antrian anda dipanggil. Pada langkah ini anda akan di kasih tau nominal denda yang harus dibayarkan. Berhubung pasal yang saya langgar hanya satu, maka denda yang harus saya bayar hanya 60 ribu.

3. Di loket yang sama, setelah anda membayarkan denda petugas akan memastikan bahwa STNK yang akan diserahkan adalah benar memang milik anda.

4. Setelah anda menerima STNK atau SIM, maka sampai tahap ini anda sudah berhasil mengurus surat tilang sendiri di kantor kejaksaan negeri.

Mudah sekali bukan cara mengurus surat tilang slip biru di kantor kejaksaan. Cukup sekian tulisan saya mengenai pengalaman pribadi syarat dan cara mengurus surat tilangan dikantor kejaksaan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar