Skip to main content

Cara mengatasi PS3 Tidak Ada Suara di Dalam Game

Ps3 tidak mengeluarkan suara - Bermain game memang sangat pas sekali untuk mengisi waktu luang. Namun apakah anda pernah mengalami kendala berupa error ketika bermain game ps3 tidak mengeluarkan suara, padahal pada menu utama ketika digulirkan mengeluarkan suara namun saat game ps3 dimainkan tidak ada suaranya.

Banyak penyebab ps3 tidak mengeluarkan suara, salah satunya adalah TV yang Anda gunakan tidak mendukung decoding Audio dari Dolby ataupun DTS. Biasanya tv jenis ini ada pada TV keluaran lama, karena mereka tidak menambahkan fitur baru seperti Chip Audio yaitu Dolby dan DTS.

Namun jangan langsung beranggapan bahwa tv yang anda gunakan menjadi penyebab ps3 tidak ada suaranya saat masuk kedalam game. Karena sebetulnya port Audio PS3 bisa menghasilkan berbagai jenis decoding Audio seperti Dolby, DTS, AAC dan lainnya.

Lalu apa penyebab PS3 tidak mengeluarkan suara ketika game dimainkan?


Cara mengatasi ps3 tidak ada suara

Jadi ketika port HDMI dicolokkan ke TV maka secara default ia akan menyetting decorder dolby dan dts sebagai decoding audio. Maka dari itu penyebab ps3 tidak ada suaranya adalah pada pengaturan default ps3-nya, untuk itu disini saya akan memberikan cara mengatasi ps3 yang tidak mengeluarkan suara dengan memberikan cara setting ps3 di menu XMB agar saat game dimainkan bisa mengeluarkan suara.

Cara memperbaiki ps3 yang tidak ada suara audio


1. Buka menu XMB atau menu awal PS3
2. Masuk ke menu pengaturan lalu pilih sound setting dan pilih manual
4. Selanjutnya Anda tinggal memilih jenis decoder audionya. Pada tahap ini  decoder Dolby jangan dicentang
5. Selanjutnya simpan pengaturan, dan sekarang coba mainkan game PS3.

Pada intinya anda tinggal mencari menu setting yang terdapat kata dolby, karena setiap menu XMB (menu utama ps3) biasanya berbeda, selanjutnya pada pilihan dolby ini jangan dicentang. Biasanya terdapat lebih dari satu menu setting dolby yang tidak perlu dicentang.

Jika setelah mengatasi ps3 tidak ada suaranya dengan cara diatas belum berhasil, kamu bisa menggunakan langkah sederhana yang pernah saya alami. Memang cara ini tidak masuk akal tetapi saya tidak sengaja bisa mengatasi ps3 tidak ada suaranya dengan sangat mudah, yaitu dengan masuk ke menu pilihan game, lalu cari game yang berwarna hitam atau emmc klik game tersebut nanti akan terjadi error. Silahkan kalian coba masuk ke game yang ingin dimainkan.

Semoga dari beberapa cara diatas yang saya bagikan bisa mengatasi dan memperbaiki game ps3 yang tidak mengeluarkan suara.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar