Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil

Buah penambah darah - Ketika sedang hamil, seorang ibu harus banyak mengkonsumsi makanan penambah darah. Sebab ketika pada masa hamil di dalam tubuh wanita akan terjadi proses pembentukan sel darah merah untuk sang janin yang ada di dalam kandungan. Jika sang ibu tidak menerima makanan, misalnya dari buah untuk menambah darah bisa mengalami kekurangan darah.

Bagi ibu hamil penting sekali mengkonsumsi makanan yang bisa menambah sel darah merah agar terhindar dari anemia. Anda bisa mendapatkan sumber makanan untuk penambah darah dari sayuran, lauk pauk dan buah. Nah maka dari pada artikel ini anda akan menemukan buah apa saya yang bisa menambah darah khususnya untuk ibu hamil.

Buah Penambah Darah untuk Ibu Hamil (Bumil)


Buah untuk kesehatan janin

Sebelumnya anda harus mengetahui bahwa pemberian makanan pada orang biasa dengan ibu hamil itu cukup berbeda dalam hal untuk menambah darah. Untuk itu bagi anda wanita yang sedang hamil maupun keluarga untuk selektif dalam memberikan berbagai makanan untuk kebutuhan darah dalam tubuh.

Sebaiknya dalam upaya mencari makanan penambah darah untuk ibu yang sedang mengandung dianjurkan untuk sering makan buah-buahan, karena memang buah mengandung banyak nutrisi dan juga enak. Selain itu buah-buahan jarang membuat ibu mual karena proporsinya yang pas. Berikut buah yang baik untuk ibu hamil :

1. Alpukat


Buah alpukat kaya akan Vitamin C, Vitamin B, Kalium dan juga Asam folat. Dimana buah alpukat baik untuk ibu hamil untuk membantu mengurangi morning sickness dan juga baik untuk perkembangan otak, jaringan bayi, saraf otak dan untuk menambah kadar darah didalam tubuh ibu hamil dan juga janin.

2. Pisang


Pisang bisa menjadi sumber kalori dan serat yang di perlukan untuk asupan energi bagi wanita hamil. Selain itu mengkonsumsi pisang ketika sedang hamil bisa menjaga tekanan darah dalam tubuh tetap normal karena pisang mengandung kalium. Buah pisang bisa juga dijadikan alternatif ketika ibu sedang mual atau muntah karena pisang sangat mudah dicerna.

3. Mangga


Buah yang satu ini pasti sering sekali menjadi hal yang dicari oleh wanita hamil ketika sedang ngidam. Mengkonsumsi mangga bisa menjaga tekanan darah dan keseimbangan kadar cairan dalam tubuh, menangkal radikal bebas dan sebagai antioksidan. Karena buah mangga mengandung kalium yang tinggi, vitamin A dan vitamin C.

4. Semangka


Buah yang baik untuk kesehatan ibu hamil termasuk untuk menjaga kadar kebutuhan darah dan cairan dalam tubuh adalah buang semangka. Kandungan Buah semangka antara lain seperti vitamin C, A, B6, magnesium dan kalium. Buah semangka juga dipercaya bisa mengurangi bengkak dan keram otot pada saat trimester terakhir.

5. Pir


Salah satu buah yang termasuk dalam spesies buah apel dan baik untuk ibu hamil adalah buah pir. Buah pir mengandung asam folat yang tinggi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh perempuan hamil. Selain dari pada itu buah pir juga bisa membantu proses regenerasi sel dalam tubuh sang ibu dan juga calon bayi.

6. Melon Jingga


Melon yang satu ini beda dari melon biasanya, sebab warna daging dari buah ini berwarna orange dan memiliki nama lain cantaloupe. Buah ini mengandung nutrisi baik untuk sang janin dan juga ibunya, buah melon jingga juga menjaga darah tetap stabil dan bermanfaat juga untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Selin itu, melon jingga sangat cocok sekali untuk ibu yang sedang hamil muda.

7. Jambu Biji


Buah yang baik untuk ibu hamil selanjutnya adalah jambu biji. Jambu biji bisa mencukupi kebutuhan ibu hamil akan vitamin A, C, fosfor, serat dan kalium. Vitamin A dan C yang terkandung dalam buah ini bermanfaat sebagai antioksidan yang bisa menangkap radikan bebas yang jika dibiarkan akan membuat perkembangan janin terlambat.

8. Jeruk


Buah penambah darah untuk ibu hamil berikutnya adalah jeruk. Siapa salah buah jeruk yang dikenal kaya akan vitamin C saja, ternyata bermanfaat juga untuk ibu hamil yaitu menambah darah untuk Bumil. Karena 90% dari buah ini mengandung air, jeruk dipercaya bisa memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh agar terhindar dari dehidrasi pada proses kehamilan.

9. Lemon


Buah yang hampir mirip bentuknya dengan buah jeruk sebelumnya yang bermanfaat juga untuk menambah darah ibu hamil adalah buah lemon. Kandungan buah lemon sama seperti buah jeruk dan bisa juga untuk menjaga tekanan darah pada ibu hamil. Yang paling penting buah lemon kaya akan kalsium, kalium dan magnesium dimana baik untuk tulang janin yang ada didalam rahim ibu.

Baca juga : Makanan dan minuman yang harus di hindari ibu hamil

Buah-buahan yang saya sebutkan diatas adalah buah yang baik untuk ibu hamil untuk menambah darah tanpa harus minum obat penambah darah yang pastinya tidak baik untuk pertumbuhan sang janin. Bumil bisa juga mengkonsumsi buah tersebut secara langsung atau diolah menjadi makanan atau jus buah yang baik untuk wanita hamil.

Pesan


Agar kesehatan ibu yang sedang mengandung tetap terjaga, pastikan membeli buah yang masih segar dan tersimpan diruangan tertutup dan jangan lupa untuk mencuci buah-buahan tersebut dengan air mengalir supaya bersih dari kuman dan berbagai mickoorganisme yang dapat membahayakan kesehatan janin.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel