Skip to main content

8 Tempat Wisata di Jawa Tengah yang Instagramable

destinasi obyek wisata


Salah satu provinsi di Indonesia yang dianugerahi berbagai keindahan alam dan tempat wisata yang terkenal yaitu Jawa Tengah. Provinsi Jawa Tengah terletah di tengah negara Indonesia, tepatnya diantara Jawa Barat, Jawa Timur dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Beruntung sekali bagi kamu yang bertempat tinggal di provinsi Jawa Tengah, sebab banyak sekali tempat wisata yang indah di Jawa Tengah yang bisa dimasukkan kedalam daftar destinasti wisata menjelang liburan dengan keluarga.

Berbicara mengenai obyek wisata di Jawa Tengah tentu saja tidak jauh dari tempat wisata yang pastinya indah dan selalu ramai dikunjungi pas hari libur atau akhir pekan, baik itu wisata alam dijawa tengah, pantai dijawa tengah dan bahkan bangunan bersejarah. Berikut 10 tempat wisata di Jawa Tengah :

Tempat Wisata di Jawa Tengah Yang Menakjubkan


1. Candi Borobudur


Tempat wisata di jawa tengah yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat indonesia adalah Candi Borobudur. Candi borobudur merupakan bangunan bersejarah dan menjadi salah satu warisan dunia yang ada di indonesia.

Menarik : Obyek Wisata The Village Purwokerto

Bangunannya yang menakjubkan menjadi daya tarik wisatawan dari luar jawa yang ingin mencoba mengunjungi candi borobudur yang ada di jawa tengah. Dengan memiliki sekitar 1.460 relief dan 504 setua budha tentu saja candi borobudur menjadi salah satu tempat wisata terbaik di Jawa Tengah.

2. Candi Prambanan


Jika Kalian pernah mendengar kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso, seharusnya kamu juga mengetahui mengenai candi prambanan yang memang kisahnya ada kaitannya dengan candi prambanan. Sejarah inilah yang mungkin bisa membuat kalian penasaran ingin melihat langsung kemewahan tempat wisata candi prambanan.

3. Museum Purbakala


Liburan ke tempat wisata tidak hanya sekedar bersenang-senang saja, pasalnya ada salah satu wisata di jawa tengah yang bisa liburan sambil belajar yaitu Museum Purbakala. Di wisata museum purbakala ada banyak ilmu yang bisa kalian dapat mulai dari ilmu geologi, biologi, paleoanthropologi, arkeologi dan lainnya.

4. Gunung Merbabu


Beranjak dari tempat wisata yang memiliki nilai sejarah diatas, Gunung merbabu adalah tempat wisata yang ada di Jawa Tengah yang bisa kalian coba untuk kunjungi. Obyek wisata Gunung Merbabu berada di kabupaten magelang boyolali.

Jika kalian pemula dalam hal mendaki gunung cobalah untuk ke gunung merbabu, sebab Gunung Merbabu dinilai cocok untuk para pendaki pemula karena tingkat trek kesulitannya tidak begitu membahayakan.

5. Gua Petruk


Destinasi wisata yang patut anda coba selanjutnya adalah Gua Petruk. Gua petruk berada di desa Candirenggo, kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen. Tepatnya berada di atas bukit kapur berjarak setinggi 75 meter.

Di dalam Gua Petruk anda akan disuguhkan pemandangan cantik yang terbentuk dari stalakit dan stalagmit yang terdapat di sepanjang jalan gua. Di dalam wisata gua petruk juga terdapat kolam pemandian dan juga air terjun, cocok sekali untuk kamu yang suka dengan keindahan gua.

6. Dataran Tinggi Dieng


Jika anda akan berkunjung ke dieng, saya sarankan untuk datang saat acara adat cukur gimbal. Jika kamu datang saat acara tersebut tentu sangat ramai dan juga banyak sekali acara yang dijadwalkan seperti lampion dan acara-acara adat lainnya yang bertepatan dengan upacara cukur rambut gimbal di Dieng Wonosobo.

7. Umbul Ponggok


Jika kalian hobi berfoto, tempat wisata dijawa tengah yang satu ini patut kalian coba, karena di obyek wisata umbul ponggok kamu bisa ambil foto didasar kolam buatan yang banyak sekali obyek yang bisa dijadikan berfoto dan tentunya sangat instagrmable.

8. Taman Nasional Karimun Jawa


Karimun Jawa adalah Taman Nasional terkenal di pulau jawa yang sangat indah. Karena keindahannya yang sangat menakjubkan, Taman Nasional Karimun Jawa tidak hanya ramai dikunjungi wisatawan lokal saja namun juga menarik minat para wisatawan mancanegara.

Menarik : Pemandian Air Panas Guci Tegal

Taman Nasional Karimun Jawa merupakan salah satu cagar alam yang telah dilindungi oleh Dinas Pariwisata, karena kekayaan bawah lautnya yang sangat luar biasa dan bisa memanjakan mata anda.

Penutup


Sebagai referensi mungkin teman-teman tertarik untuk mengunjungi acara Dieng Culture Festival 2019 tepatnya pada tanggal 1-5 Agustus 2019. Diacara tersebut pastikan anda sudah mempersiapkan segala sesuatunya mulai dari memesan tiket transportasi, hotel atau villa.

Nah mungkin hanya itu saja tempat wisata di Jawa Tengah yang pasti sangat Instagramable dan bisa memanjakan anda dan keluarga saat hari libur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar