Skip to main content

Cara Menghemat Baterai Hp Android Agar Tahan Lama

baterai hp cepat habis

Cara agar baterai hp andori tahan hingga 2 hari - Baterai hp merupakan komponen di dalam smartphone yang paling vital, bahkan mengalahkan pentingnya sebuah kapasitas sebuah RAM. Mengapa saya bicara demikian? Sebab jika baterai sudah habis komponen lainnya di dalam smartphone tidak dapat bekerja lagi karena disebabkan oleh baterai hp yang cepat habis.

Banyak sekali faktor yang bisa menyebabkan baterai hp cepat habis meskipun pemakaian biasa-biasa saja. Semuanya tergantung dengan pemakaian dan kapasitas dari baterai hp tersebut. Namun bagaimana jika kapastias baterai hp besar hingga 4000MAh atau lebih masih juga boros?. Nah kamu bisa mencoba tips cara agar baterai hp andorid hemat berikut.

Cara Agar Baterai Hp Android Awet


Pada umumnya baterai dengan kapasitas 4000MAh bisa bertahan hingga 2 hari kalau hanya untuk membuka media sosial saja. Berbeda jika anda memakainya untuk bermain game dan menonton video youtube seharian, tentu saja itulah beberapa faktor yang menyebabkan baterai hp cepat habis.

Maka dari itu, dikesempatan kali ini saya akan membagikan beberapa tips yang bisa kalian lakukan untuk mengoptimalkan baterai hp agar awet dan bisa bertahan lama, dengan begitu kamu tidak akan berkali-kali ngecharge hp setiap hari. Berikut tips cara menghemat baterai hp android :

1. Menghidupkan Fitur Hemat Daya Baterai


Beberapa merk hp android sudah bisa dipastikan dilengkapi dengan aplikasi penghemat baterai terutama smartphone keluaran terbaru. Sebab aplikasi penghemat baterai menjadi aplikasi terpenting yang harus ada di hp dengan kapasitas baterai yang besar agar performa baterai tersebut bisa lebih optimal.

Jika hp yang kalian pakai termasuk hp yang memilik fitur pengehemat baterai, silahkan kalian hidupkan saja fitur tersebut agar baterai hp kamu bisa bertahan lebih lama, paling tidak bisa menghemat daya baterai hingga 30-60 menit saja tergantung juga dengan pemakaian.

2. Meredupkan Kecerahan Layar


Layar yang terlalu cerah bisa menyebabkan baterai hp menjadi boros, sebab baterai akan bekerja lebih keras untuk menghasilkan kecerahan layar yang optimal. Untuk itu kurangi saja kecerahan layar ke yang paling redup, namun sesuaikan juga dengan cahaya yang ada diruangan.

Menarik : Agar hp tidak cepat panas saat main game

Namun sayangnya setiap hp berbeda tingkat paling rendah kecerahannya. Seperti pada hp asus yang saya pakai, meskipun disetting ke yang paling redup, banyak yang menilai pencahayaannya masih terasa terlalu cerah di dalam ruangan gelap sehingga bisa menyebabkan mata cepat sakit.

3. Nonaktifkan GPS Location


Bateri hp cepat habis sudah dipastikan karena banyaknya proses sistem yang berjalan terlalu banyak secara bersamaan. Maka dari itu matikan saja fitur yang sekiranya tidak digunakan, misalnya GPS location jika tidak diperlukan lebih baik matikan agar baterai hp bisa lebih awet.

4. Nonaktifkan Mode Getar


Sadarkah kalian bahwa mode getar di hp tidak begitu berguna jika nada hp sudah dihidupkan, kecuali kamu memang dengan sengaja hanya menghidupkan mode getar saja karena didalam situasi tertentu seperti sedang rapat atau hal lainnya agar tidak mengganggu orang disekitar.

Namun alangkah lebih baiknya kalian matikan saja mode getar di smartphone seperti mode getar pada saat tombol disentuh yang selalu bergetar ketika kita sedang mengetik pesan, dengan begitu bisa mengurangi konsumsi baterai untuk membuat hp bisa bergetar.

5. Membersihkan Recent Apps


Ketika kita habis membuka suatu aplikasi, sebenarnya aplikasi tersebut masih teteap berjalan dialatar belakang hp meskipun kita sudah tidak membuka apk tersebut. Buktinya kita tetap menerima notifikasi dari aplikasi latar belakang seperti itu.

Untuk itu ketika kamu selseai membuka aplikasi jangan lupa untuk membersihkan recent apps jika memang aplikai tersebut tidak akan kamu buka lagi. Dengan rajin membersihkan recent apps baterai jadi lebih hemat konsumsi dayanya.

6. Matikan Akses Internet Pada Aplikasi Tertentu


Di beberapa hp android bisa kita setting untuk tidak memberikan akses koneksi internet di aplikasi tertentu. Misalnya saja pada hp merk asus zenfone 3 max, hp tersebut terdapat fitur untuk mematikan koneksi internet di aplikasi tertentu saja.

Jika hp yang kalian gunakan terdapat juga fitur tersebut, manfaatkan untuk mengehemat baterai. Secara tidak kita sadari mematikan koneksi internet di aplikasi tertentu bisa menghemat daya batari hp.

7. Batasi Aplikasi Mulai Otomatis


Apa itu menajer mulai otomatis?. Yup fitur ini saya temukan khusunya dihp merk asus zenfone 3 max yang saya pakai. Fitur ini sangat membantu sekali bagi kalian yang sedang mencari cara menghemat baterai Hp android agar tahan lama.

Manajer mulai otomatis ini mencegah aplikasi secara otomatis memulai bekerja ketika hp baru dihidupkan. Artinya aplikasi yang kita cegah tidak akan mulai otomatis sebelum kita buka aplikasinya begitu hp baru dihidupkan. Fitur ini sangat membantu membuat baterai hp lebih awet hingga berjam-jam.

8. Matifikan Notifikasi Aplikasi


Tips yang selanjutnya agar baterai tahan lama yaitu menonaktifkan notifikasi pada aplikasi tertentu. Misalnya saja pada aplikasi youtube, maps atau game yang sering kedapati muncul notifikasi. Namun saya sarankan jangan matikan notifikasi pada aplikasi whatsapp agar kamu tetap bisa menerima pemberitahuan ketika ada chat masuk.

9. Uninstall Aplikasi Yang Jarang di Gunakan


Selain bisa menghemat baterai, mencopot pemasangan aplikasi yang tidak digunakan bisa membuat performa hp kamu meningkat. Pasalnya, menghapus aplikasi yang tidak digunakan bisa membebaskan kapasitar RAM dan juga memori hp.

Tipsnya, uninstall aplikasi yang memang jarang digunakan serta hapus aplikasi yang fungsinya sama dan pilih diantara keduanya yang menurut kalian memiliki fitur yang lebih lengkap. Uninstall aplikasi juga sekaligus mewakili tips menghemat baterai hp nomor  5-8  agar baterai hp lebih awet tanpa aplikasi.

Pesan


Tips diatas hanya bisa menghemat pemakaian baterai kamu untuk beberapa jam saja, Selebihnya baterai yang cepat habis tergantung dengan pemakaian dan juga kualitas baterai hp itu sendiri. Seperti baterai hp yang sudah bocor pasti tidak kuat bertahan lama, bahkankan baterai hanya awet beberapa menit saja.

Untuk itu lebih bijaklah dalam menggunakan hp, misalnya kurangi bermain game yang berlebihan. Selain bisa membuat hp lebih awet, kecanduan bermain game juga tidak baik. Terpenting jangan bermain hp sambil dicharger sebab hal yang demikian bisa membuat baterai anda cepat habis.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar