Cara Membuka 2 Aplikasi Sekaligus Secara Bersamaan (Split Screen) di Hp Android

split screen

Mengaktifkan split screen - Dengan persaingan dunia smartphone yang semakin memanas, tentu banyak produsen hp yang mengeluarkan berbagai fitur menarik di smartphone android mereka untuk menunjang kebutuhan konsumen yang bersifat flexible, salah satunya yaitu split screen atau membuka 2 aplikasi sekaligus secara bersamaan.

Berbicara mengenai split screen, sayangnya tidak semua tipe hp bisa mendukung fitur menarik yang satu ini, pasalnya split screen hanya bisa diaktifkan minimal pada android versi 7.0 Nougat. Dan tidak semua aplikasi android bisa dibuka secara bersamaan degan aplikasi berjalan lainnya.

Ketika kita mencoba membuka mode split screen pada aplikasi yang tidak mendukung akan ada peringatan berupa "App does not support split screen mode". Tapi untungnya bagi kalian pengguna smartphone keluaran terbaru pasti bisa melakukan membuka 2 aplikasi secara bersamaan.

Membuka 2 aplikasi sekaligus bisa dilakukan di semua merk hp keluaran terbaru seperti samsung, asus, oppo, xiaomi, redmi, vivo dan merk hp android lainnya yang sudah mengadopsi minimal android 7.0 dan versi android diatasnya. Berikut cara mengaktifkan mode split screen di Hp.

Cara Mengaktfikan Split Screen di Hp Android


Sebagai contoh disini saya akan membuka 2 aplikasi secara bersamaan pada hp asus zenfone 3 max. Pada tipe hp lain mungkin caranya agak berbeda, jika hp yang kalian pakai berbeda dengan hp yang saya gunakan silahkan request cara mengaktifkan mode split screen sesuai dengan hp yang kalian gunakan.

Agar proses membuka 2 aplikasi sekaligus secara bersamaan berjalan dengan lancar, pastikan sebelumnya kamu sudah membuka bakal calon aplikasi yang akan di split screen dan masuk kedalam recent app, selanjutnya silahkan simak tutorialnya dibawah ini.



  1. Tekan tombol recent app yang biasanya berada di bagian kanan bawah layar.
  2. Pilih satu aplikasi yang diinginkan, tekan dan tahan aplikasi tersebut lalu geser ke bagian atas layar.
  3. Selanjutnya pilih aplikasi yang kedua lalu tap saja aplikasi yang kedua tersebut, maka mode split screen sudah berhasil diaktifkan.


Nah sangat mudah bukan membuka 2 aplikasi secara bersamaan. Untuk tipe hp lainnya silahkan teman-teman requst saja dikolom komentar dibawah ini agar saya buatkan cara split screen disemua hp android sesuai hp yang kamu pakai, karena masalah kalian juga dirasakan oleh pengguna hp merk lainnya yang sama dengan tipe hp yang kalian gunakan.

Dengan memanfaatkan fitur belah layar dua untuk membuka dua aplikasi sekaligus kamu bisa juga memanfaatkannya untuk membuka aplikasi youtube dengan aplikasi lainnya, dengan begitu kamu bisa  mendengarkan musik sekaligus balas chat tanpa video youtube mati.

Penutup

Nah itulah tadi pengalaman saya membuat layar hp menjadi dua bilah agar bisa membuka dua aplikasi sekaligus secara bersamaan dalam satu layar android (split screen).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel