Skip to main content

Cara Mengatasi Whatsapp Telah Berhenti di Hp Android Terbaru

whatsapp berhenti

Penyebab munculnya notifikasi whatsapp telah berhenti adalah sistem WA tidak mau menanggapi. Untuk kasus ini hampir semua pengguna aplikasi chatting whatsapp mengalami hal demikian, maka pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membantu kamu mengatasi whatsapp telah berhenti, keluar sendiri dan bisa juga untuk mengatasi whatsapp tidak bisa dibuka karena macet.

Ada banyak pesan pemberitahuan yang menunjukan kepada user bahwa telah terjadi error pada aplikasi whatsapp, antara lain: maaf whatsapp telah berhenti, sayangnya whatsapp tidak menanggapi, wa force close. Untuk masalah tersebut kamu hanya perlu mencari cara mengatasi whatsapp telah berhenti yang akan saya ulas didalam artikel ini.

Penyebab Whatsapp Tidak Menanggapi


Sebelum melangkah lebih lanjut cara memperbaiki "maaf whatsapp telah berhenti" kita harus menganalisa penyebab terjadinya whatsapp yang error tersebut agar kita lebih tahu kenapa wa bisa error seperti itu. whatsapp error bisa dikarenakan 8 hal berikut ini:


  1. apk whatsapp tidak support dengan versi android
  2. Aplikasi wa terlalu berat untuk dijalankan
  3. Ketersediaan memori internal
  4. Kapasitas RAM tidak cukup untuk membuka whatsapp
  5. Whatsapp belum diupdate
  6. Memakai aplikasi whatsapp mod
  7. data dan cache aplikasi whatsapp sudah banyak
  8. HP terlalu panas atau overheat


Nah itulah penyebab wa tidak bisa dibuka atau muncul notifkasi seperti yang saya sebutkan diatas sehingga membuat whatsapp suka macet atau keluar sendiri. lalu bagaimana cara memperbaiki whatsapp yang error?

Memperbaiki Whatsapp Telah Berhenti (error)


Semua jenis smartphone seperti samsung, oppo, lenovo, vivo, asus, realme, xiaomi redmi, zte, advan dan hp android lainnya pasti tidak menutup kemungkinan akan mengalami whatsapp telah berhenti, terutama pada hp yang memiliki RAM kecil atau hp android versi lama.

Begini cara mengatasi sayangnya wa telah berhenti terus menerus..


Sebelum melangkah ke tahap yang lebih efisien untuk mengatasi whatsapp telah berhenti, lebih baik ketika whatsapp keluar sendiri kamu restart saja hp kamu dengan begitu kondisi hp akan lebih ringan menjalankan aplikai whatsapp.

Baca : Cara Instal 2 aplikasi whatsapp satu hp

Namun perlu diingat jika hanya merestar hp, whatsapp yang error biasanya akan kembali muncul pesan sayangnya whatsapp tidak menanggapi, untuk itu kamu perlu melakukan langkah memperbaiki whatsapp sering keluar sendiri sebagai berikut:

Cek memori penyimpanan


Apakah kamu tahu aplikasi whatsapp ini semakin lama dipakai maka akan semakin besar memakan memori penyimpanan, Mengapa demikian? karena aplikasi ini akan menyimpan file berupa video, foto, dokumen voice note di dalam folder penyimpanan internal yang berasal dari chat kamu atau status teman yang kamu lihat.

Untuk itu rajin-rajinlah membersihkan file sampah dari aplikasi whatsapp yang terdapat di folder tersembunyi memori kamu atau bisa juga menggunakan aplikasi cleaner untuk membersihkan file sampah dari hp kamu. Dengan begitu bisa mengurangi resiko whatsapp telah berhenti atau keluar dengan sendirinya.

Hapus data dan cache aplikasi


Cara yang kedua ini sedikit membahayakan karena akun whatsapp kamu akan logout dan harus login kembali setelah menghapus data dan cache aplikasi lewat pengaturan hp android kamu. Untuk itu pastikan nomor hp yang buat daftar akun whatsapp masih aktif agar bisa menerima kode verifikasi untuk login akun whatsapp kembali.

Jika sudah yakin silahkan masuk ke menu settingan hp, cari pengaturan aplikasi terinstal lalu hapus cache dan data pada aplikasi whatsapp. Secara otomatis whatsapp akan kembali ke pengaturan semula, selanjutnya silahkan login kembali menggunakan nomor hp yang terdaftar.

Perbarui Aplikasi whatsapp


Aplikasi whatsapp pasti akan terdapat beberapa bug yang menyebabkan whatsapp sering error dan macet lalu keluar dengan sendirinya. Untuk itu agar whatsapp tidak mengalami error terus menerus cobalah untuk mengupdate whatsapp ke versi yang terbaru.

Baca : Trik mengirim pesan whatsapp tanpa menyimpan nomor

Tujuan update aplikasi whatsapp yaitu untuk menghilangkan berbagai bug atau kesalahan yang terjadi pada versi sebelumnya. Maka cara ini bisa kamu coba untuk mengatasi whatsapp tiba-tiba telah berhenti dengan sendirinya.

Pesan


Pesan dari saya agar whatsapp tidak terjadi error terus menerus sering-seringlah menghapus bekas chatingan kamu dengan teman wa. Namun sebelumnya backup terlebih dahulu barang kali ada file yang penting didalam chating wa kamu.

Mungkin hanya itu saja ulasan saya tentang tips whatsapp. Cukup sekian dan saya ucapkan terima kasih telah mampir dan membaca artikel saya tentang cara mengatasi whatsapp berhenti dan keluar sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar