Skip to main content

Cara Aman Berbelanja Online Supaya Tidak Tertipu

Online shop

Tips belanja online - Saat menjelang hari libur atau pada hari besar seperti hari lebaran nanti, tentu banyak orang yang gemar membeli barang terutama pakaian baru baik offline maupun belanja secara online. Namun, ada hal yang perlu kamu waspadai ketika belanja online agar tidak tertipu.

Saat ini, toko online sangat berkembang dan mudah sekali kita temukan di indonesia yang memberikan kebebasan kepada siapa saja yang ingin membuka toko online di website mereka. Karena kebebasan inilah yang membuat para oknum yang tidak bertanggung jawab melakukan penipuan melalui online shop.

Untuk itu, agar terhindar dari aksi penipuan ketika berbelanja online, kamu perlu memperhatikan tips yang akan saya bagikan dibawah ini agar tidak tertipu saat melakukan transaksi jual-beli online.

Tips Berbelanja Online


Berbelanja secara online memang sangat mudah dilakukan, kamu tidak perlu lagi keluar rumah jika ingin membeli suatu produk. Namun membeli barang secara online memang harus waspada agar tidak tertipu ketika melakukan transaksi. Silahkan baca trik aman belanja online berikut:

1. Cek kredibilitas toko online


Hal pertama yang perlu kamu perhatikan sebelum berbelanja online adalah cek kredibilitas dari website toko online tersebut. Untungnya, di indonesia banyak sekali toko online yang sudah terpercaya yaitu seperti shopee, tokopedia dan masih banyak lagi.

Agar terhindar dari aksi penipuan ketika berbelannja online lebih baik berbelanja di situs yang memang sudah dikenal oleh semua kalangan masyarakat indonesia seperti toko online yang saya sebutkan diatas.

2. Cek spesifikasi produk


Ketika belanja online, agar barang yang dikirim sesuai dengan keinginan, kamu perlu sekali memperhatikan spesifikasi barang tersebut. Jangan langsung memasukannya ke keranjang belanjaan. Jika memang perlu bisa melakukan chat langsung ke admin toko masalah spesifikasi produk tersebut.

3. Cek jumlah penjualan barang


Setelah memperhatikan spesifikasi barang tersebut coba cek sudah berapa kali toko tersebut mengirim barang ke konsumen, jika jumlah penjualan mereka banyak maka tingkat keberhasilan pengiriman memang besar dan bisa dipercaya. Namun kamu juga perlu perhatikan tips berikutnya agar tidak tertipu ketika berbelanja online.

4. Cek ulasan konsumen


Di setiap produk yang berhasil dikirim ke konsumen pasti ada yang memberikan ulasan mengenai produk yang telah mereka beli dan terima. Untuk itu lebih baik kamu baca dulu komentar mengenai produk tersebut apakah bagus atau ada yang komplen atas barang yang telah dikirim.

Coba bandingkan lebih banyak yang senang atau tidak puas terhadap pembelian barang dari toko online tersebut. Jika kebanyakan ulasan dari pembeli menandakan kepuasan maka barang ditoko tersebut memang asli dan tidak melakukan penipuan.

5. Kunjungi toko tersebut


Biasanya di website online shop seperti tokopedia atau yang lainnnya para pemilik toko pasti akan mencantumkan semua produk mereka didalam etalase. Untuk itu lebih baik pilihlah toko yang memang memiliki banyak produk dan hindari melakukan pembelian barang di dalam toko yang hanya memiliki sedikit produk.

Teliti Dahulu Sebelum Membeli


Ketika berbelanja secara online kita tidak bisa bertemu secara langsung dengan sipenjual atau datang langsung ketoko online yang tercantum. Untuk itu agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan teliti lebih lanjut sebelum membeli. Pastikan kamu sudah membaca deskripsi produk, harga barang sampai testimoni dari para konsumen yang sudah melakukan pembelian dari toko online tersebut agar tidak tertipu ketika berbelanja online.

Mungkin masih banyak teman-teman yang ragu ketika akan belanja online karena takut uang sudah transfer tapi barang tidak kunjung datang kerumah. Jangan khawatir, beberapa toko online seperti tokopedia dan shopee sipenjual tidak akan langsung menerima uang transferan kamu sebelum pembeli mengkonfirmasi bahwa barang sudah diterima. Namun kamu tetap harus memperhatikan tips belanja online.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Jika postingan ini bermanfaat silahkan bagikan postingan ini ke teman kamu atau dengan mengklik tombol bagikan di atas. Berkomentar di blog ini gratis..!!!
Buka Komentar
Tutup Komentar