Skip to main content

Tips Sebelum Membeli SSD Untuk Mengatasi Laptop Lambat

SSD laptop

Perhatikan hal ini sebelum Memakai SSD - Apakau kamu tau? Bahwa laptop yang digunakan setiap hari untuk berbagai multitasking akan membuat performa laptop semakin lambat. Mak jika usia laptop kamu sudah lama kamu memerlukan hardware tambahan untuk mempercepat performa laptop berupa SSD.

Mengganti SSD sangat diperlukan ketika laptop kamu terasa melambat agar mendapatkan kinerja yang lebih baik lagi. Ditambah lagi, ssd sekarang menjadi media penyimpanan yang memiliki kecepatan maksimal dibandingkan HDD dan SSHD.

Mengganti ke SSD tidak perlu kamu lakukan jika laptop yang kamu punya merupakan keluaran terbaru yang kebanyakan sudah dilengkapi dengan media penyimpnan ini. Bahkan ada juga laptop yang terdapat ssd dan hdd sekaligus. Namun ada juga Perusahaan yang hanya memakai ssd saja karena dinilai sudah mampu mempercepat multitasking pada laptop.

Pengertian apa itu SSD


SSD adalah kepanjangan dari Solite State Drive yang digunakan untuk media penyimpanan selain hardisk dalam meyimpan operasi sistem (OS) yang memiliki performa lebih baik dari HDD. Fungsi ssd sendiri untuk meringankan beban ketika sedang booting, bermain game, membuka aplikasi dan masih banyak lagi.

Baca juga : Ganti nama user administrator di laptop windows 10

Komponen SSD umumnya menggunakan flash memori berbasis NAND. Dimana merupakan jenis memori Non-volatile, artinya memori tersebut tetap bisa menyimpan data meskipun tegangan suplai dimatikan.

Sebelum Membeli SSD


Nah sebelum kamu pindah ke ssd, berikut hal yang perlu diperhatikan saat kamu mau membeli ssd dan apa yang perlu diperhatikan sebelum memasangnya.

SSD Merk Terkenal

Yang sering terjadi saat ini banyak asesoris laptop atau komputer yang diperjul belikan hanya karena ingin mendapatkan keuntungan saja dan tidak memikirkan kualitsa barang tersebut. Maka yang perlu kamu lakukan sebelum membeli ssd adalah perhatikan barangnya ssd asli atau palsu dengan mengetahui merk ssd yang ternama.

Cek Hardware apakah support SSD

Jika sudah membeli SSD namun ternyata hardware laptop kamu tidak mendukung dipasangnya ssd tentu saja akan sia-sia. Biasanya sih laptop yang support dipasang ssd adalah laptop yang terdapat CD drivenya namun kamu memerlukan perangkat tambahan berupa caddy.

Cek Harga SSD Online

Salah satu manfaat adanya pasar online atau online shop adalah kamu bisa mengecek harga sebuah produk, misalnya harga SSD kisaran berapa. Saya sendiri selalu melakukan hal ini agar mengetahui harga kisaran sebuah produk yang akan dibeli supaya tidak menyesal karena merasa tertipu dengan barang yang terlalu mahal.

Cek Kapasitas Penyimpanan SSD

Selain cek harga, kamu juga perlu memperhatikan berapakah kapasitas penyimpanan barang tersebut dengan searching di google. Jika kapasitas tertulis 120GB namun ternyata ketika sudah dipasang hanya 90GB itu artinya kamu tertipu dan mintalah ganti rugi toko dimana kamu beli SSD tersebut.

Kecepatan Transfer Data SSD

Agar mendapatkan barang SSD terbaik kamu perhatikan juga berapa kecepatan transfer si ssd ini, bisanya sih spesifikasi ssd sudah tertulis diboxnya atau bisa tanyakan ke penjualnya.

SSD Bergaransi

Ini dia yang selalu dicari oleh pembeli yaitu produk tersebut merupakan barang bergaransi atau tidak. Jika kamu hendak membeli SSD baiknya tanyakan ke penjual apakah ssd ini memiliki garansi atau tidak. Baiknya belilah ssd yang memiliki garansi agar jika terjadi sesuatu masih bisa di claim atau ganti rugi.

Penutup

Baiknya belilah SSD dengan merk terkenal dan ditempat yang memang sudah terkenal menjual asesoris laptop di kota kamu. Mungkin hanya itu saja sih pembahasan saya mengenai hal apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memakai ssd untuk komputer atau laptop agar dapat meningkatkan performa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Jika postingan ini bermanfaat silahkan bagikan postingan ini ke teman kamu atau dengan mengklik tombol bagikan di atas. Berkomentar di blog ini gratis..!!!
Buka Komentar
Tutup Komentar