7 Tahapan Perencanaan Produk Baru Pasti Laris Manis

strategi berbisnis

Strategi Merencanakan produk baru - Bagian terpenting dalam perencanaan produk baru adalah kamu harus mempersiapkan nama yang mendeskripsikan produk, mudah di ingat oleh konsumen dan terpenting nama produk baru harus unik. Untuk itu kamu harus persiapkan tahap-tahap apa saja yang harus dilakukan dalam perencanaan produk baru.

Terpenting, sebelum memulai suatu bisnis kamu harus mengetahui cara merencanakan produk baru berdasarkan daya tarik dan memiliki keunikan tersendiri yang berbeda dengan produk-produk lain. Dengan membuat produk baru berdasarkan rancangan sendiri maka tercipatalah suatu produk yang istimewa.

Namun, kamu harus mengetehui nilai apa sih yang dibutuhkan masyarakat, dengan begitu produk kamu bisa menjadi yang utama yang diinginkan oleh sebagian orang banyak. Untuk itu membuat produk harus didesain terlebih dulu dan memiliki tampilan yang menarik supaya bisa menarik perhatian konsumen untuk membeli.

Cara Perencanaan Produk Baru


Kamu bisa memulai tahapan perencanaan produk baru dari hal yang sederhana. Misal kamu ingin membuka usaha membuat kue, kamu harus mencari tau terlebih dahulu resep kue-nya. Dari tahapan ini kamu pasti akan berhasil dari suatu produk baru buatan sendiri. Untuk hasil yang lebih maksimal perhatikan tahapan perencanaan produk baru berikut:

1. Fokus kepada Jenis Kebutuhan


Dalam merencanakan produk, pahami apa yang dibutuhkn masyarakat dan terapkan pada produk yang akan kamu buat, dengan begitu produk tersebut akan mudah untuk dikenal semua orang serta menjadi kebutuhan masyarkat yang harus dituruti.

Tentunya produk baru harus memperhatikan apa yang dibutuhkan masyarakat bukan masyarakat yang dipaksakan membutuhkan produk kamu. Dengan begitu bisnis yang kamu kelola akan lebih memiliki kesempatan untuk berhasil dan juga laris ditengah masyarakat.

2. Mengetahui Kebutuhan Konsumen


Pahami betul apa yang menjadi kebutuhan calon konsumen saat ini. Contoh saat ini seperti usaha kue, kamu harus menyesuaikan jenis kue apa yang paling banyak menjadi kebutuhan masyarkat. Semisal Dibandingkan kue ulang tahun, kue atau roti biasa lebih sering menjadi kebutuhan masyarkat untuk berbagai acara keluarga atau masyarakat.

Baca juga : Bisnis budidaya tambak ikan lele

Dari kasus contoh diatas kamu bisa mengetahui kebutuhan besar masyarakat kita. Namun, sebelum produk kamu dikenal oleh banyak orang kamu harus bekerja keras untuk memperkenlkan produk kamu dengan cara yang unik serta menarik. Sehingga bisa menambah daya tarik para konsumen terhadap produk kamu.

3. Membuat Prototype


Prototype adalah contoh atau sample yang digunakan untuk kegiatan memperkenalkan produk kamu kepada calon pembeli. Selain mempekenalkan produk, dengan adanya prototype para konsumen akan lebih percaya terhadap produk terbaru anda, kemudian tertarik ingin membelinya di lain waktu.

Usaha terbesar anda dalam memperkenalkan produk baru memang tidak gampang, maka dari itu kegiatan prototype harus dikerjakan seakurat mungkin pada bisnis yang kamu jalankan dengan menargetkan kebutuhan konsumen kamu.

4. Penyempurnaan Produk


Setelah kamu meluncurkan produk kepasaran, amati dan lakukan evaluasi apa yang menjadi kekurangan dari produk kamu dibanding kompetitor. Mengevaluasi produk membutuhkan waktu yang lama sampai produk kamu bisa sempurna dan menjadi pertimbangan banyak orang.

5. Data dan Instrumen


Setelah kamu mengevaluasi produk yang mau dijual lebih bagus lagi mencatat data penjualan dengan instrumen yang tepat. Maka penjualan produk kamu akan lebih berhasil dengan melakukan evaluasi terhadap peluncuran produk yang di inginkan.

6. Ciptakan User Experience yang Hebat


Selanjutnya cara perencenaan produk baru adalah memberikan pengalaman pengguna yang hebat. Seperti pada website, user experience adalah melihat aktivitas pengguna internet mengakses website atau pengalaman apa yang mereka dapatkan didalam website tersebut.

Contoh user experience adalah pengguna menjelajah semua halaman yag ada didalam website sampai melakukan prosedur hingga memutuskan untuk transaksi membeli produk atau jasa kamu. Namun, jika produk yang kamu buat adalah kue maka buatlah berbagai varian rasa kue yang membuat konsumen penasaran ingin mencoba.

7. Kaitkan Emosi ke produk Baru Kamu


Emosi disini bukan marah atau hal negatif lainnya. Melibatkan emosi ke produk baru maksudnya gunakanlah perasaan dalam membuat produk baru maka akan tercipta suatu produk yang unik dan bisa menarik empati para pembeli.

Jika produk kamu adalah makanan, maka buatlah tampilannya semenarik mungkin berdasarkan emosional yang kamu miliki, terpenting rasanya harus merakyat dilidah masyarakat kita. Selain itu buatlah nama brand atau produk baru kamu seunik mungkin amun tidak berlebihan.

Penutup


Mungkin hanya itu saja sih tahapan perencanaan produk baru yang saya pahami. Terpenting untuk mencoba membuat produk baru kamu harus berani mengambil tindakan tidak hanya berangan-angan saja dan takut akan kegagalan sebelum mencobanya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel