Skip to main content

Mengatasi HP Cepat Panas Saat Main Game

smartphone overheat

Permasalahan hp panas ketika sedang bermain game, baik itu game online maupun game offline tentu banyak dikeluhkan pengguna smartphone Android. Terlebih ketika bermain game online yang mengharuskan hp kamu bekerja extra keras, hal inilah yang menyebabkan hp cepat sekali mudah panas.

Contohnya game online seperti pubg dan mobile legend memang bisa mengakibatkan hp cepat panas. Pasalnya game-game tersebut memang sangat berat untuk dimainkan, meskipun sudah menyetting grafis kualitas low sekalipun. Panas yang ditimbulkan di hp berasal dari baterai cepat panas.

Tidak hanya itu saja, game offline pun bisa menyebabkan hp cepat panas, namun dibandingkan dengan game online, game offline tidak begitu menyebabkan hp cepat panas. Semuanya tergantung pada spek Hp android dan beban game yang kamu mainkan.

Penyebab Hp Mudah Panas


kamu perlu berhati-hati, Hp yang suhunya terlalu panas bisa mengakibatkan kerusakan pada bateri, ic cas dan komponen mesin hp lainnya. Untuk itu kenali penyebab hp mudah panas ketika sedang bermain game.


  1. Game membutuhkan daya baterai yang besar.
  2. Game membutuhkan RAM yang banyak.
  3. Terdapat aplikasi yang berjalan dilatar belakang saat bermain game.
  4. Grafik game pada kualitas High.
  5. Spek Hp yang tidak mumpuni untuk bermain game berat.
  6. Daya tahan baterai sudah menurun atau soak (seperti kamu).
  7. Bermain game sambil di charger.
  8. Suhu ruangan yang tinggi.


Hanya 8 hal yang mengakibatkan hp mudah panas yang saya ketahui, jika teman-teman ada tambahan silahkan berikan masukan dikolom komentar postingan ini. Nah setelah mengetahui penyebab hp kamu cepat panas ketika bermain game online maupun offline, saatnya membahas cara memperbaiki hp yang cepat panas.

Baca juga : Memperbaiki Sistem UI Telah Berhenti pada Hp

Cara Mengatasi HP Android Cepat Panas Saat Main Game


Seperti yang sudah saya katakan di atas penyebab utama Hp cepat panas yaitu spek hp yang buat kamu main game terlalu dipaksakan untuk extra kerja keras agar bisa bermain game berat.

Agar hal tersebut tidak terjadi pada smartphone kamu kenali lebih dulu spek hp android kamu dan beban dari game tersebut agar hp tidak mudah panas. Namun jika kamu tetap kekeh ingin memainkan game yang memang bukan kapasitas dari hp kamu, ikuti tips dibawah ketika bermin game berat agar hp tidak mudah panas.

Jaringan Internet Harus Stabil

Pertama jaringan internet yang kamu gunakan harus stabil, baik itu menggunakan data seluler ataupun wifi. Ketika kamu bermain game online lebih baik gunakan wifi karena jaringannya lebih stabil.

Dengan sinyal internet yang kuat bisa mengatasi hp yang mudah panas ketika main game online. Selain itu game yang kamu mainkan akan lancar jaya tanpa macet dan lag.

Namun ketika kamu bermain game offline lebih baik matikan saja koneksi internetnya untuk mengurangi kinerja hp dan juga bisa mengatasi iklan yang muncul saat main game.

Kurangi Kecerahan Layar HP

Tips kedua coba lebih redupkan saturasi layar sampai tingkat paling rendah agar mesin hp tidak mudah panas saat sedang ngegame. Kamu bisa juga menghidupkan mode kecerahan otomatis.

Namun perhatikan juga kecerahan disekeliling kamu, usahakan kecerahan layar hp tidak terlalu terang dari ruangan karena bisa menyebabkan mata kamu cepat sakit.

Spek Smartphone Android

Lagi-lagi saya katakan hp yang bukan aduannya untuk bermain game-game berat pasti suhu hp mudah sekali untuk panas. Untuk itu Perhatikan dulu spesifikasi yang direkomendasikan oleh game tersebut.

Dibeberapa game, seperti Pubg misalnya terdapat fitur low grafik, nah jika hp kamu mudah panas setting saja ke kualitas low agar mesin hp kamu tidak cepat panas saat ngegame.

Perhatikan Suhu Udara

Penyebab ekternal hp mudah panas yaitu suhu ruangan yang memang sudah panas ditambah hp pun cepat panas. Maka usahakan main game di  rungan yang ber AC agar hp tidak mudah panas.

Karena rumah saya tidak ber AC biasnya ketika hp sudah mulai panas saya bermain game dengn posisi hp ditaruh di lantai untuk mendinginkan suhu hp.

Jangan main game sambil di charger

Gunakan hp kamu untuk bermain game semampunya saja, jika baterai sudah low lebih baik hentikan main game, jangan bermain game sambil dicas. Selain menyebabkan hp cepat panas, bisa mengakibat baterai cepat rusak atau soak (seperti kamu).

Agar bateri terisi dengan baik ketika dicas lebih baik hp matikan. Saya sendiri merasakan hp yang dicas pada kondisi hp mati daya baterai akan lebih lama dibandingkan ngecas dalam kondisi hp on atau standby.

Hentikan aplikasi yang berjalan dilatar belakang Hp

Selain mengatasi hp panas saat main game, Menghentikan aplikasi yang masih berjalan dilatar belakang hp juga bisa membuat game yang kamu mainkan lancar, tidak macet atau lag.

Penutup


Main game memang asik dan bisa menjadi alternativ mengisi luang waktu, namun jangan terlalu kecanduan main game sehingga lupa akan segalanya. Ya sudahlah mungkin hanya itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai cara mengatasi hp android cepat panas saat bermain game.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar