Manfaat Mandi di Malam Hari

mandi malam

Tidak sedikit orang tua yang melarang untuk mandi di malam hari karena dianggap bisa menyebabkan rematik atau paru-paru basah. Namun, di balik bahaya mandi di malam hari terdapat juga beberapa manfaat mandi di malam hari untuk kesehatan.

Masih banyak masyarakat yang menilai mandi malam hari tidak baik untuk kesehatan. Akan tetapi, hal demikian belum sepenuhnya terbukti karena masih sedikit penelitian yang menjelaskan tentang bahaya mandi malam.

Untuk mendapatkan manfaat mandi di malam hari, sebaiknya dilakukan minimal 60 menit sebelum tidur. Maksudnya jika kamu seusai mandi malam lebih baik jangan putuskan langsung tidur, tunggu hingga suhu badan kamu normal kembali.

Manfaat Mandi Malam


Meskipun dingin, jika kamu hendak mandi di malam hari lebih baik mandi dengan air dingin saja, agar rasa lelah setelah beraktivitas hilang seketika dan mendapatkan kesegaran tubuh yang maksimal.

Dan perlu di ingat usahakan mandi dengan air yang baru membuka dari keran saja, jangan pakai air yang sudah menginap. Karena air yang sudah menginap memiliki suhu yang lebih dingin di bandingkan air yang baru kamu tampung dari keran.

Menghindari Munculnya Jerawat


Setelah kamu beraktivitas seharian tentu saja badan kamu berminyak, berkeringat, lengket dan penuh debu termasuk di bagian muka. Jika kamu tidur dengan wajah yang berminyak tentu akan memicu munculnya jerawat di wajah.

Untuk menghindari hal tersebut lebih baik kamu mandi di malam hari terlebih dahulu sebelum beranjak tidur. Atau bisa juga sekedar dengan mencuci muka sebelum tidur jika dirasa terlalu digin agar mengurangi resiko timbulnya jerawat di wajah.

Meningkatkan Relaksasi


Mandi di malam hari dapat membantu kamu meredakan ketegangan otot dan kecemasan setelah beraktivitas, sehingga badan kamu terasa lebih rilek. Dengan begitu waktu tidur kamu akan lebih nyenyak.

Untuk hal ini pasti semua orang merasakan jika badan kita terasa lengket karena belum mandi akan menyebabkan tidur tidak nyenyak bahkan ada juga yang tidak bisa tidur. untuk menghindari waktu tidur yang terganggu lebih baik mandi meskipun di malam hari.

Meningkatkan Waktu Tidur


Manfaat mandi pada malam hari yang terakhir adalah dapat meningkatkan kualitas tidur kamu. Suhu badan merupakan salah satu komponen untuk mengatur ritme sirkadian. Beberapa penelitian menilai, menghangatkan badan bisa membantu untuk tidur lebih cepat atau mengatasi masalah insomnia.

Pesan


Waktu terbaik untuk mandi malam adalah setengah jam sebelum tidur atau pada jam 3-5 pagi sebelum sholat subuh. Namun, perlu kamu ketahui jika di rasa sudah terlalu malam dan anda belum mendapatkan istarahat tidur yang cukup lebih baik tidak melakukan mandi malam.

Meskipun mandi malam memiliki manfaat namun tidak dianjurkan untuk bayi. Selain itu lebih baik mandi sebelum jam 5 sore karena lebih banyak memiliki manfaat. Mungkin hanya itu saja Manfaat Mandi di Malam Hari yang bisa saya jelaskan.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel