Skip to main content

Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Berkualitas

menulis artikel seo

Banyak orang yang pandai dan lancar dalam menulis suatu artikel, namun tidak sedikit blogger yang paham betul cara menulis artikel SEO friendly & berkualitas, sehingga memiliki kesempatan lebih besar untuk menduduki dihalaman pertama google atau page one.

Tidak seperti dulu, saat ini algoritma google semakin pintar untuk menempatkan artikel manakah yang pantas untuk menduduki halaman 1 google. Untuk itu menulis artikel yang berkualitas tidak hanya untuk mesin pencari, namun juga untuk pembaca.

Banyak sekali yang menjelaskan trik menulis artikel yang SEO friendly di internet. Namun kebanyakan dari artikel tersebut caranya sudah usang untuk diterapkan, sebab perkembangan algoritma google terbaru yang semakin canggih dan pintar untuk menilai kualitas suatu artikel.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly


Sebelumnya marilah teman-teman tinggalkan trik usang, dimana kita hanya mengutamakan menulis artikel untuk mesin pencari dengan berbagai manipulasi agar artikel yang kamu buat bisa page one dan tidak memperhatikan kepuasan pembaca terhadap artikel yang sudah susah payah kamu buat.

Tidak hanya itu saja, terpenting saat ini tinggalkan tekhnik membuat artikel hanya copy paste dari blog orang lain, meskipun menggunkan cara spin artikel sekalipun. Jangan harap artikel kamu bisa bersaing di google dengan cara tersebut karena algoritma google sudah sangat canggih untuk menempatkan posisi suatu artikel.

Bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas?


Untuk kasus kali ini, saya sudah pernah bahas Pada postingan saya sebelumnya tentang cara menulis artikel SEO friendly. Namun agar wawasan kita mengenai trik penulisan artikel bertambah, perhatikan juga poin-poin penting berikut.

User Experience


User experience adalah aktivitas atau respon pembaca terhadap artikel atau blog yang kamu kelola. Misalnya saja berapa lama visitor membaca, merespon terhadap artikel yang kamu buat seperti memberikan komentar dan juga bagian mana saja yang dijelajahi oleh user atau pembaca.

Simplenya, semakin lama dan betah mereka berada didalam suatu web, maka semakin berkualitas isi dari blog tersebut. Maka jangan hanya mengutamakan teknik penulisan artikel SEO saja dan lupa dengan kepuasan user experience terhadap artikel yang kamu buat.

Keyword di Awal Judul Artikel


Penempatan keyword diawal judul postingan akan lebih mudah untuk bersaing di SERP. Sebab, judul postingan menjadi elemen pertama yang di crawl google dalam menentukan topik suatu artikel.

Untuk cara membuat judul artikel usahakan kurang dari 61 karakter agar tidak terpotong dihalaman pencarian dan tempatkan kata kunci bidikan di awal kalimat (semakin ke kiri semakin baik).

Tulis Artikel Panjang & Berisi


Ada beberapa yang berpendapat semakin panjang artikel yang ditulis, maka semakin baik pula peringkatnya di mata google. Namun hal ini tidak selalu benar jika kamu menulis artikel panjang hanya untuk terget jumlah kata agar lebih banyak dengan isi artikel yang tidak tertata rapi.

Maka, untuk memenuhi kebutuhan cara menulis artikel yang berkualitas saat ini usahakan jumlah kata lebih dari 1.000 tergantung seberapa besar persaingan kata kunci untuk topik tersebut.

Perlu di ingat ! Jangan menambahkan kalimat atau pembahasan yang keluar dari topik yang kamu bahas hanya karena agar mengejar jumlah kata. Untuk itu usahakan gunakan kalimat yang simple dan tidak bertele-tele serta mudah untuk dipahami dan juga enak dibaca.

Tambahkan Internal Link


Nah untuk satu ini saya rasa sangat penting untuk meningkatkan kualitas artikel yang kamu buat, yaitu dengan menambahkan internal link di dalam artikel yang relevan dengan postingan yang sedang kamu buat.

Tapi membuat internal link juga ada tekniknya silahkan teman-teman baca pada postingan sebelumnya mengenai cara membuat internal link yang benar. Dengan begitu bisa menambah nilai SEO artikel yang kamu tulis.

Tentang Keyword Densinity


Keyword densinity adalah intensitas atau jumlah kata kunci di dalam satu halaman artikel. Lalu berapa jumlah keyword densinity yang ideal untuk artikel SEO friendly?

Sebelumnya banyak blogger yang menyarankan sekitar 3-5%, namun saat ini kamu tidak usah terlalu memusingkan hal ini. Terpenting jangan terlalu banyak mengulang kata kunci didalam menulis artikel.

Untuk membuat artikel yang berkualitas tidak harus mengulang kata kunci terus menerus karena bisa berefek buruk. Tulis saja kalimat yang berada dipikiran kamu yang mengalir, bayangkan seakan-akan kamu sedang bercerita didepan orang.

Gunakan Keyword LSI


Keyword LSI atau Latent Semantic Indexing adalah istilah yang masih berhubungan dengan keyword utama atau bisa juga disebut dengan sinonim. Lalu bagaimana cara mencari Keyword LSI?

Logikanya, jika kamu sedang menulis artikel secara mendalam, keyword LSI ini akan muncul dengan sendirinya dan terselip didalam artikel yang kamu buat atau bisa juga dengan memanfaatkan Google sugestion untuk menemukan keyword LSI.

Penggunaan Bold, Italic dan Underline


Teknik penulisan artikel yang sudah jadul berikutnya yaitu masalah penggunaan bold, italic dan underline yang berlebihan pada kata kunci yang di bidik.

Menggunakan tanda Bold (huruf tebal), italic (huruf miring) dan underline (garis bawah) memang membantu search engine mengenali kata atau kalimat penting di dalam artikel yang kamu buat.

Namun hal itu hanya membantu sedikit saja dari segi penguatan keyword, namun tidak dari segi user experience atau pembaca. Pasalnya penggunaan tanda tersebut dapat membuat pembaca sakit mata yang mengakibatkan ingin segera menutup halaman tersebut.

Tipsnya gunakan Bold, Italic dan Underline sewajarnya saja. Yaitu gunakan bold sekali saja untuk memperkuat keyword, italic pada istilah asing dan underline pada kalimat yang dianggap penting.

Gunakan elemen h1, h2 dan h3


Ketika kamu sedang menulis artikel untuk keperluan SEO, jangan lupa untuk menerapkan h1, h2, h3 dan h4  jika diperlukan pada artikel yang kamu buat.

Seperti yang saya lakukan pada artikel ini, pada kalimat Cara Menulis Artikel SEO Friendly dan Bagaimana cara menulis artikel yang berkualitas? saya setting untuk h2. Sedangkan pada poin-poin penting dibawahnya saya setting untuk h3.

Note : Penggunaan h2 (heading) di dalam artikel maksimal 2 dan untuk subheading (h3) bebas karena tidak ada jumlah batasannya. Sedangkan h4 gunakan diakhir penulisan saja sebagai penutup.

Gunakan URL Pendek yang Mengandunng Keyword Utama


Secara default permalink akan disesuaikan dengan judul artikel, namun karena dalam upaya menulis artikel SEO kamu perlu mengubah permalink dengan kata kunci bidikan yang lebih relevan.

Contoh :
Pada artikel ini judulnya Cara Menulis Artikel SEO Friendly yang Berkualitas. Maka permalink defaultnya adalah /cara-menulis-artikel-seo-friendly-yang.html

Untuk keperluan menulis artikel seo silahkan kamu ubah permalinknya yang mengandung kata kunci bidikan yang saingannya berat. Dari contoh diatas permalinknya saya ganti dengan /cara-menulis-artikel-seo.html.

Optimasi Deskripsi Penelusuran


Ketika menulis artikel jangan lupa untuk menambahkan deskripsi penelusuran yang menjelaskan isi atau ringkasan dari artikel yang kamu buat dengan menambahkan judul artikel di awal kalimat agar lebih SEO friendly.

Dari ebook tentang cara menulis artikel SEO yang saya pelajari menambahkan deskripsi penelusuran cukup dengan 3 keyword LSI dan usahakan jumlah karakter deskripsi penelusuran tidak boleh lebih dari 160 karakter, karena jika melebih maka tampilan deskripsi akan terpotong.

Optimasi Gambar Postingan


Jangan salah, gambar yang kamu tambahkan didalam postingan juga bisa membuat artikel yang kamu tulis lebih seo friendly, caranya yaitu dengan menambahkan properties title text dan alt text. Untuk lebih jelasnya silahkan kamu pergi ke postingan Optimasi SEO gambar pada postingan. Jangan lupa untuk menghilangkan link aktiv di dalam gambar postingan.

Gunakan Variasi Keyword


Poin terakhir yang saya ketahui dalam tata cara menulis artikel SEO Friendly sehingga menghasilkan artikel yang berkualitas adalah variasi keyword. Maksudnya penggunaan keyword utama yang diselipkan disekitaran artikel secara sepenggal-penggal.

Yang perlu diperhatikan dalam mengaplikasikan variasi keyword tidak boleh berlebihan dalam satu pragraf karena bisa dianggap sebagai keyword stuffing. Baiknya sebar keyword LSI di beberapa paragraf sehingga artikel yang kamu buat menjadi lebih SEO friendly.

Kesimpulan


Menulis artikel yang SEO friendly memang tidak mudah, banyak sekali optimasi-optimasi yang perlu dilakukan seperti optimasi on-page dan off-page.

Buatlah artikel yang berguna untuk pembaca dengan tidak terlalu berlebihan dalam mementingkan teknik seo menulis artikel karena hanya akan membuat anda pusing.

Cukup dengan poin-poin penting yang saya bagikan diatas, selanjutnya tulislah artikel yang sesuai dengan kemampuan anda, agar ketika membuat artikel bisa menjelaskan dengan lues dan mudah untuk dipahami.

Mungkin hanya itu saja yang bisa saya bagikan mengenai cara menulis artikel seo friendly, selanjutnya google lah yang menentukan diposisi berapa artikel kamu layak ditempatkan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar