Cara hapus URL artikel Blog di Webmaster Tools



Webmaster tool atau Google Console adalah layanan yang diberikan oleh Google kepada para publisher blogger yang memiliki blog atau website. Dengan mendaftarkan blog di webmaster tools kamu bisa memantau, menganalisa lalu memperbaiki masalah yang terdapat pada situs kamu di hasil pencarian Google. Salah satunya yaitu menghapus link artikel blog di hasil penelusuran google lewat webmaster tools.

Setelah kamu menghapus salah satu artikel di blog, kamu perlu meminta penghapusan URL  artikel blog di hasil penelusuran google melalui webmaster tools, agar url tersebut tidak ditemukan di hasil penelusuran google. Dengan begitu bisa membuat performa blog kamu menjadi lebih baik, Berikut caranya.


Cara Menghapus URL Artikel Blog di Google Console


Dengan melakukan penghapus URL artikel blog, halaman atau artikel yang  sudah kamu hapus sebelumnya tidak akan ditemukan di hasil search google. Dengan begitu pengunjung tidak akan lagi menemukan halaman 404 di blog kamu.

1. Cari dan copy link URL yang sudah kamu hapus, biasanya halaman tersebut di tandai dengan halaman 404 seperti gambar berikut.

webmaster tool

2. Masuk ke webmaster tool versi lama, karena pada webmaster tool terbaru layanan penghapusan URL artikel blog belum tersedia.


Klik pada pilihan Google Index -> Remove URLs -> Temporarily Hide. Selanjutnya copy link URL yang akan di hapus di dalam kotak, berikutnya klik Terus.

Baca juga : Cara submit URL artikel blog di webmaster tool terbaru

3. Pada halaman selanjutnya pilih Request Type : Clear URL From Chache and Temporarily Remove From Search. Setelah itu klik Submit Request.


Dengan begitu kamu sudah berhasil menghapus URL Halaman 404 di pencarian Google lewat webmaster tools. Namun proses penghapusan URL Membutuhkan waktu 1 sampai 90 hari semenjak permintaan penghapusan URL dikirim.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel