Perbedaan Haji dan Umroh

perbedaan umroh dan haji

Perbedaan Haji dan Umroh - Tidak sedikit dari umat muslim yang mengetahui bahwasanya ibadah haji dan umroh merupakan 2 ibadah yang berbeda. Namun, jika mereka ditanya bedanya haji dan umroh, tidak sedikit dari mereka yang bingung harus menjawab apa termasuk saya sendiri. Oleh sebab itu, di tulisan kali ini saya akan mencoba menjelaskan perbedaan Haji dan Umroh.

Ibadah Umroh adalah suatu ibadah yang jika dilakukan akan mendapatkan kemuliaan disisi Allah Subhanahu Wata'ala. Dalam Al-Qur'an di siratkan bahwa umroh adalah salah satu ibadah maliah atau ibadah yang mengharuskan adanya pengorbanan harta benda. Di Indonesia sendiri melakukan ibadah umroh hukumnya sunnah dan hanya di lakukan sekali dalam seumur hidup.

Sedangkan Ibadah Haji adalah  serangkaian dari beberapa urutan ibadah yang di lakukan pada waktu tertentu dan dengan tata cara tertentu serta mengunjungi tempat yang di muliakan agar mendapatkan keridho'an dari Allah Subhanallah Wata'ala. Ibadah haji sendiri termasuk rukun islam yang ke lima, di mana hukumnya adalah wajib bagi yang mampu. Lalu apa yang membedakan haji dan umroh?

Perbedaan Haji dan Umroh


Ibadah Haji dan Umroh termasuk ibadah mustaqillah, maksudnya masing-masing dari ibadah keduanya memiliki hukum sendiri dan berbeda antara satu dengan lainnya, hal ini di jelaskan dalam  terminologi fiqih. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah perbedaan haji dan umroh.

Perbedaan Hukum


Perbedaan umroh dan haji yang pertama adalah terlihat dari hukum dalam melakukannya. Semua umat muslim pasti sudah mengetahui bahwasanya hukum dasar dari melakukan ibadah haji adalah wajib bagi yang mampu secara fisik dan materi.

Sedangkan ibadah umroh hukumnya adalah sunnah muakad atau sunnah yang di utamakan. Meskipun sebetulnya ada perbedaan pendapat mengenai hukum umroh, Namun di indonesia  umroh hukumnya sunnah hal ini sudah di sepakati kebanyakan ulama di indonesia.

Perbedaan Tempat


Selanjutnya, perbedaan antara haji dan umroh juga terletak pada tempat pelaksanaannnya. Ibadah haji dan umroh memang dilakukan di Makkah AL Mukarromah. Namun pada pelaksanaan ibadah haji, terdapat rukun menunaikan ibadah haji yang di lakukan di luar Makkah, seperti wukuf di Arafah, menginap/mabit di Muzdhalifah dan melempar batu kecil (jumroh) di Mina.

Perbedaan Waktu


Selain dari segi tempat, umroh dan haji juga berbeda dari waktu pelaksanaannya. Ibadah haji hanya bisa dilaksanakan pada bulan Djulhijah atau pada bulan haji saja, yaitu pada tanggal 9-11 Djulhijah. Sedangkan ibadah umroh bisa ditunaikan kapan saja kecuali di hari Arafah (9 djulhijah), hari Tasyrik (11-13 Djulhijah) dan hari Nahar (10 Djulhijah).

Perbedaan Haji dan Umroh dari Cara pelaksanaannya (Rukun)


Perbedaan haji dan umroh juga terletak dari rukun atau tata cara dalam pelaksanaannya. Dalam pelaksanaan ibadah Umroh, seseorang menunaikan rukun di antaranya yaitu Tawaf, Ihram, dan Tahalul. Sedangkan ibadah Haji semua tata cara dalam umroh di atas di laksanakan dengan menambahkan 3 rukun lainnya yaitu wukuf di Arafah, menginap/mabit di Muzdhalifah dan melempar batu kecil (jumroh) di Mina.

Nah itulah beberapa cara pelaksanaan Haji dan Umroh yang menjadikan adanya perbedaan antara haji dan umroh. Jika ada perbedan Haji dan Umroh lainnya yang teman-teman ketahui silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah ini agar kami semua bisa mengetahui lebih banyak lagi perbedaan haji dan umroh.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel