Cara menanam Tauge di rumah dengan metode Hidroponik

Cara menanam Tauge di rumah dengan metode Hidroponik

Cara menanam kecambah

Salah satu Kiat usaha yang bisa anda tekuni di rumah yaitu dengan menanam tauge secara hidroponik yang bisa anda lakukan di halaman belakang rumah yang pada umumnya memang tidak begitu luas. Menanam tauge atau kecambah tidak memerlukan lahan yang luas, berbeda dengan menanam tanaman di sawah ladang. Anda bisa memanfaatkan ruangan dapur sekalipun yang sempit untuk menanam tauge.

Tauge/kecambah atau dalam bahasa inggrisnya bean sprouts masuk ke dalam jenis sayur-sayuran yang dapat kita manfaatkan untuk bahan pangan, beberapa bahan pangan lauk yang sering menggunakan tauge untuk bahan tambahan sayur yaitu, seperti sauto, bakso dan masih banyak lagi. Maka dari itu bisnis menanam tauge merupakan salah satu inovasi yang dapat anda lakukan dengan mudah.

CARA MENANAM TAUGE


Mempersiapkan Media Tanam Tauge


Langkah awal sebelum memulai menanam tauge yaitu memilih media untuk menanam tauge. Dengan memilih media tanam tauge yang benar akan meminimalisir terjadinya gagal panen yang di sebabkan karena tauge menjadi busuk. Untuk media tempatnya anda bisa menggunakan tampah dan di alasi dengan potongan daun pisang agar dapat menampung air.

Pemilihan Benih Tauge


Dengan menggunkan bibit tauge yang unggul dapat menghasilkan tauge yang kuat, sehat  dan berkualitas serta putih. Bibit tauge ini berupa kacang hijau yang bisa anda dapatkan di warung. Untuk ciri-ciri bibit tauge yang baik yaitu berwarna mengkilap, besar dan yang terpenting kacang hijau yang akan di jadikan bibit tauge tidak keriput dan busuk.

Cara Menanam Tauge


Sebelum anda menebarkan kacang hijau baiknya kacang hijau di direndam air terlebih dahulu kurang lebih selama 24 jam. Pada tahap ini anda bisa membuang bibit tauge yang tidak berkualitas atau  kopong, karena saat di rendam kacang hijau yang mengambang adalah bibit tauge yang kurang berkualitas.

Baca juga :  Bisnis untuk pemula dengan membudidayakan ikan lele

Langkah selanjutnya yaitu menanam tauge. Setelah anda mempersiapkan media untuk menanam tauge seperti pada tahap nomor satu selanjutnya taburkan bibit tauge secara merata di dalam media yang sebelumnya sudah anda persiapkan. 

Pemeliharaan bibit tauge sampai siap panen


Simpan tanaman tauge di tempat yang tidak terkena sinar matahari secara langsung atau di tempat yang adem. Siram tanaman tauge dengan air bersih dua kali sehari, terpenting jangan sampai media untuk menanam tauge terlihat kering, jika di rasa kering anda bisa menyiramnya kembali agar kelembaban media tanam tauge terjaga.

Itulah cara menanam tauge hidroponik yang bisa anda lakukan di rumah. Untuk masa panen tauge kurang lebih 3 atau 4 hari semenjak kacang hijau di tebar. Saran dari saya coba lebih dahulu menanam tauge dengan skala kecil jika berhasil anda bisa langsung mencobanya dengan beberapa kilogram kacang hijau agar menghasilkan tauge yang banyak.

Buka Komentar