Skip to main content

Cara Membuat Artikel yang SEO agar bisa Page One

teknik membuat artikel yang berkualitas

Search Engine Optimization atau yang biasa teman-teman sebut dengan istilah SEO di dalam dunia blogger. SEO sendiri adalah berbagai upaya yang di lakukan oleh publiser blogger dengan tujuan agar blog yang di bangun di sukai oleh Google, dengan begitu artikel-artikel yang teman-teman buat mudah untuk bersaing di beranda Google salah satunya yaitu memahami betul cara membuat artikel yang SEO.

Banyak sekali teknik-teknik yang bisa di lakukan teman-teman dalam upaya menekankan SEO ini, Seperti cara membuat template blogger agar lebih SEO dan seperti apa yang akan kita bahas kali ini yaitu cara membuat artikel SEO. Apakah teman-teman sadar? ternyata banyak sekali teknik yang bisa kita terapkan ketika sedang dalam pembuatan artikel dengan menekankan beberapa Teknik SEO di dalam suatu artikel blog.

Hal yang sangat penting dalam membuat artikel yang SEO adalah tidak melakukan copy paste dari blog orang lain. Hal ini perlu kita garis bawahi karena google sangat tidak menyukai artikel yang contennya hasil mencuri tulisan dari blog orang lain Meskipun isi artikel yang anda copy hanya sedikit. Lebih baik anda melakukan teknik rewrite artikel yang baik dengan memahami isi konten kompetitor anda, lalu menulis ulangnya kembali dengan bahasa anda sendiri.


Cara Buat Artikel SEO


Sebelumnya saya sendiri pernah melakukan copy paste isi artikel dari blog orang lain tanpa memperhatikan teknik penulisan artikel yang baik dan benar, dan hasilnya artikel tersebut memang tidak bisa bersaing di beranda google. Hal yang membuat saya sadar bahwa artikel hasil copy paste sangat sulit bahkan tidak mungkin untuk bisa page one adalah pasti google tahu bahwa artikel saya tersebut adalah hasil copy paste dari  blog orang lain.

Saya yakin pasti teman-teman pernah menggunakan website yang bisa menganalisa berapa persen plagarisma dalam artikel tersebut. Website sekelas smallseotool misalnya saja bisa mengecek artikel copy paste atau bukan. Apa lagi Google yang sampai saat ini masih menjadi mesin pencarian nomor satu di dunia pasti akan mengetahui kalau artikel yang anda buat tidak original. Maka dari itu lebih baik anda memahami betul trik membuat artikel SEO agar artikel yang teman-teman buat bisa page one.

Lalu Bagaimana Sih Cara Membuat Artikel yang Berkualitas?


Mari kita ke pembahasan utama yaitu cara membuat artikel yang baik dan benar dengan memperhatikan teknik seo yang bisa kita lakukan ketika sedang dalam pembuatan artikel. Sehingga artikel yang teman-teman buat bisa bersaing di beranda google bahkan bisa menembus untuk nangkring di halaman pertama google.

Menggunakan Judul Artikel yang benar


Hal yang sangat pertama sekali dalam upaya membuat artikel SEO adalah menentukan judul postingan artikel. Karena judul artikel sangat mempengaruhi banyaknya visitor yang menemukan artikel kita nantinya ketika mereka mengetikan kata kunci yang relevan dengan judul artikel yang kita buat.

Untuk membuat judul artikel anda harus melakukan riset terlebih dahulu agar hasilnya lebih akurat, Teman-teman bisa membacanya disini Tool Gratis untuk Riset Keyword. Saya sendiri biasanya menggunakan penelusuran terkait dari google dalam menentukan judul artikel.

Buatlah judul artikel dengan memenangkan 2 poin keyword sekaligus (Long tail keyword). Maksudnya jika pencari mengetikan kata kunci yang berbeda artikel anda akan tetap bisa menjadi rujukan dari hasil yang di ketikan oleh calon visitor.

Contoh: Ada dua orang yang mengetikan kata kunci "cara membuat artikel berkualitas" dan "cara membuat artikel seo" dari keyword di tersebut bisa kita buat judul artikel "Cara membuat artikel yang SEO dan Berkualitas". Dengan teknik pembuatan judul yang demikian kita bisa menang 2 kata kunci sekaligus.

Membuat Kerangka Artikel


Sebenarnya kerangka artikel disini berutujuan memudahkan anda dalam menyusun pembahasan setiap paragraf yang akan teman-teman bahas. Untuk lebih jelasnya teman-teman bisa membaca Cara membuat kerangka Artikel yang SEO

Intinya dalam mengisi content yang teman-teman bisa lakukan hanyalah membuat penulisan yang mudah di pahami dan nyaman untuk di baca. Bayangkan seolah-olah anda sedang berbicara secara langsung dengan visitor atau dengan kata lain buatlah setiap susunan yang kita buat mengalir dengan rapi.

Jumlah Kata di dalam Artikel


Ada dua hal yang saya pelajari dari blog kompetitor saya (mastimon) yang membahas jumlah kata di keseluruhan artikel dan setiap kalimat. Masih bingung? Usahakan jumlah kata di dalam artikel minimal 300 kata lebih banyak lebih bagus. Nikmati setiap kata demi kata yang kita susun agar bisa terus menulis dan tidak terburu-buru ingin menyudahi pembahasan. Sedangkan maksud dari jumlah kata di satu kalimat yaitu tidak lebih dari 20 kata di hitung dari tanda titik bertemu titik itu namanya satu kalimat

Menempatkan Keyword di Posisi Terbaik


Penempatan kata kunci yang pas pada suatu susunan artikel sangat baik untuk meningkatkan SEO dan kualitas artikel di mata google. Perkaya kata kunci di dalam artikel dengan menebarkannya di beberapa paragraf seperti paragraf awal dan akhir. Namun dalam hal ini anda tidak boleh berlebih dalam menyebutkan kata kunci yang berulang-ulang.

Gunakan Heding, Subheading dan Minor di setiap Artikel


Saya pernah menanyakan akan hal ini pada salah satu teman blogger saya yang blognya sudah memiliki ribuan visitor (mogloger). Sampai saat ini beliau masih menggunakan Heading, Subheading dan minor di setiap menulis artikel. Dan ternyata betul menggunakan optimasi tersebut bisa menambah nilai plus agar artikel yang kita buat berkualitas dan tentunya itu salah satu teknik penting cara membuat artikel SEO.

Menambahkan Internal Link Yang Benar


Menambahkan internal link di dalam postingan merupakan salah satu yang saya lakukan dalam membuat artikel SEO. Internal link yang teman-teman tambahkan di dalam artikel juga menambahkan nilai SEO suatu postingan artikel lebih maksimal. Internal link di dalam artikel juga memiliki nilai yang sama dengan backlink (ekternal link). Namun anda harus mengetahui terlebih dahulu cara melakukan internal link yang SEO silahkan anda baca di artikel saya sebelumnya.

Optimasi Gambar di dalam Artikel


Agar lebih menarik tambahkan gambar di dalam artikel yang sesuai dengan isi content. Sebaiknya tambahkan 1 gambar saja di setiap artikel yang anda buat. Namun jika artikel yang teman-teman buat adalah tutorial yang mengharuskan menyertakan gambar lebih dari 1 usahakan gambar yang anda masukan tidak lebih besar komposisinya di bandingkan tulisan content. 

Menambahkan gambar di dalam artikel sampai saat ini masih menyumbang nilai besar dalam mendongkrak suatu artikel agar bisa bersaing di beranda google. Karena ada hal yang bisa di lakukan di gambar tersebut dalam upaya membuat artikel yang berkualitas seperti menambahkan alt tag dan all title untuk lebih jelasnya anda bisa baca di sini Cara optimalkan SEO gambar pada artikel.

Tambahkan Deskripsi Penelusuran


Menambah deskripsi penelusuran di dalam artikel sangat penting untuk membantu google dalam upaya memahami isi suatu konten. Tambahkan deskipsi penelusuran dengan menambahkan ringkasan yang sesuai dengan isi artikel yang teman-teman buat dengan menambahkan kata kunci bidikan di awal penulisan deskripsi penelusuran.

Optimalkan Permalink di dalam Artikel


Permalink adalah link yang nantinya akan mengarah ke postingan yang teman-teman buat. Permalink biasanya terbentuk secara otomatis berdasarkan judul artikel yang kita gunakan. Namun karena kita sedang berupaya membuat artikel yang SEO mengubah permalink ini sangat penting.

Permalink termasuk bagian artikel yang pasti di rayapi oleh mesin robot google. Maka dengan mengoptimalkan permalink ini bisa membuat nila SEO artikel bertambah dengan begitu bisa dengan mudah untuk bersaing di beranda google. Lalu bagaimana melakukan optimasi permalink di dalam postingan?.

Sebagai contoh saya menggunakan postingan ini untuk praktek cara menerapkan permalink yang benar. Gunakan kata kunci berat atau keyword LSI untuk di buat permalink di dalam postingan. Contoh pada postingan ini saya membahas "Cara buat Artikel yang SEO agar bisa Pageone". Maka nanti permalinknya akan saya ubah menjadi "cara-buat-artikel-seo". Atau jika mau menggunakan LSI sebagai permalink kita bisa dengan "cara-buat-artikel-berkualitas"  Dengan begitu kita membuat kata kunci dengan persaingan tinggi lebih di tekankan di dalam artikel yang teman-teman buat.

Pesan:


Saya sarankan untuk membaca artikel di atas dengan teliti dan seksama agar teman-teman bisa memahaminya dengan maksimal. Dan ikuti internal link yang saya sematkan di setiap paragraf untuk melengkapi penjelasan membuat artikel yang berkualitas. Nah itulah Cara Saya membuat Artikel yang SEO agar bisa Page one.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Jika postingan ini bermanfaat silahkan bagikan postingan ini ke teman kamu atau dengan mengklik tombol bagikan di atas. Berkomentar di blog ini gratis..!!!
Buka Komentar
Tutup Komentar