Skip to main content

Penyebab dan Cara mengatasi AC mobil yang tidak dingin lagi

cara mengatasi ac mobil tidak dingin

AC mobil merupakan hal vital yang harus di jaga setiap komponennya agar bisa bekerja dengan baik dalam mendinginkan udara terutama di dalam ruangan mobil. AC mobil berperan penting untuk membuat nyaman saat berkendara, terlebih jika udara di luar sangat panas tentu saja dengan adanya ac mobil sangat membantu bagi kita semua. Tapi, apa jadinya jika AC mobil tidak dingin lagi?

Biasanya AC mobil yang tidak dingin bisa kita rasakan ketika sedang berkendara karena udara di dalam mobil terasa panas padahal kita sudah menyalakan ac-nya. Namun yang keluar hanyalah hembusan angin saja. Maka, sudah di pastikan bahwa AC Mobil tidak bekerja secara optimal. Lalu apa yang menjadikan AC mobil tidak dingin dan bagaimana cara mengatasi AC mobil yang tidak dingin?


Penyebab dan cara mengatasi AC Mobil tidak dingin hanya keluar Angin


Dalam menangani suatu kerusakan, Seperti AC mobil, yang terlebih dulu anda lakukan adalah menganalisa bagian komponen manakah yang menyebabkan kinerja AC mobil tidak optimal, agar tidak salah dalam mengganti part atau komponen AC mobil yang rusak. Berikut beberapa faktor yang menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Filter AC Tersumbat


Hal simple yang pertama di cek saat menangani AC mobil tidak dingin adalah pada bagian filter AC. Filter di dalam komponen ac mobil memiliki peran sebagai penyaring debu dan kotoran. Nah jika filter ini tersumbat karena debu atau kotoran tentu saja membuat sirkulasi udara ac mobil tidak bekerja dengan baik.

Freon AC Mobil Habis


Freon AC mobil berkurang atau bahkan habis juga salah satu faktor yang menyebabkan AC mobil tidak dingin. Sebetulnya Freon di dalam AC mobil tidak akan habis jika tidak terjadi kebocoran pada komponennya. Tapi, jika terjadi kebocoran anda bisa mengeceknya pada bagian komponen karet yang mungkin sudah bangka sehingga menyebabkan Freon ac mobil habis.

Kondensor Kotor


AC mobil tidak dingin juga di sebabkan karena  Kondensor yang kotor akibat debu atau bahkan lumpur. Karena kondensor ini terletak di bagian depan bersamaan dengan radiator. Nah, Jika kondensor ini tertutup oleh lumpur akan membuat proses kondensasi menjadi tidak bekerja dengan optimal.

Motor Extra Fan Melemah Bahkan Mati


Jika Motor Extra Fan mati dapat mengakibatkan kondensasi dalam kondensor tidak bekerja sehingga tidak ada udara dingin yang masuk ke dalam kabin mobil.

Evaporator


Sebetulnya kebanyakan kerusakan yang menyebabkan ac mobil tidak dingin yaitu disebabkan karena kotoran atau debu yang menyumbat sehingga proses sirkulasi tidak lancar, salah satunya yaitu pada Evaporator.

Kesimpulan


Setelah anda membaca beberapa penyebab AC mobil tidak dingin di atas mungkin anda bisa menyimpulkan pada bagian manakah yang perlu di atasi agar AC mobil bisa dingin lagi. Sebetulnya anda bisa saja mengerjakan hal ini di rumah namun mungkin karena keterbatasan alat, lebih baik anda berikan kepada ahlinya atau bawa saja ke bengkel khusus ac mobil. tapi jika yang rusak hanya pada bagian filternya saja saya rasa anda juga bisa membersihkannya sendiri
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Jika postingan ini bermanfaat silahkan bagikan postingan ini ke teman kamu atau dengan mengklik tombol bagikan di atas. Berkomentar di blog ini gratis..!!!
Buka Komentar
Tutup Komentar