Skip to main content

Cara Mengobati Distemper Pada Kucing Atau Anjing

cara mencegah virus distemper pada kucing atau anjing

Apakah anda tahu apa itu penyakit Distemper? Distemper adalah salah satu penyakit yang biasanya menyerang hewan peliharaan anda seperti kucing dan anjing, penyakit distemper dapat menyerang saluran pencernaan, pernapasan, hingga sistem saraf pada kucing dan anjing, bahkan dapat menyebabkan kematian jika penyakit distemper telah menjanggit kucing ataupun anjing anda.


Penyebaran virus distemper dari satu hewan ke hewan lainnya dapat melalui udara, gigitan kutu, bahkan makanan. Bisanya penyakit distemper ini menyerang kucing berusia di bawah 1 tahun, sedangkan pada anjing penyerangan virus distemper ini terjadi pada usia 3-6 bulan, dengan kata lain penyakit distemper ini lebih sering menyerang Anak kucing ataupun anak anjing. Itulah sebabnya pemberian vaksin kepada hewan peliharaan anda amat penting untuk memberikan ketahanan tubuh yang lebih baik agar terhindar dari berbagai virus penyakit, salah satunya yaitu penyakit Distemper.

Gejala Distemper Pada Kucing :


1. Kucing terlihat depresi
2. Kucing terlihat sangat lemas dan lesu
3. Nafsu makan kucing berkurang, bahkan tidak mau makan sehingga kucing anda terlihat kurus.
4. Kucing tidak pernah minum yang dapat menyebabkan dehidrasi
5. Meningkatnya suhu badan kucing yang tidak normal atau demam panas.
6. Kucing anda sering terlihat menyendiri dan suka di tempat yang dingin seperti di dalam kamar mandi
7. Diare pada kucing yang disertai dengan muntah berwarna kuning
8. Kucing anda sering mengalami kejang-kejang
9. Dan yang nampak jelas dari gejala distemper pada kucing yaitu terlihat dari bulu kucing yang kusut, kasar dan menggumpal.



Gejala Distemper Pada Anjing :


1. Demam tinggi pada anjing
2. Keluar ingus pada hidung anjing
3. Radang pada mata
4. Anjing mengalami depresi
5. Nafsu makan anjing berkurang
6. Terdapat benjolan pada bagian perut anjing dan mengeluarkan nanah
7. Batuk kering
8. Diare pada anjing yang disertai dengan muntah
9. Gerakan kaki anjing tidak terkoordinir sehingga Jalannya serampangan
10. Kucing anda sering mengalami kejang-kejang.



Cara Mengobati Distemper Pada Kucing Atau Anjing :


Sebenarnya untuk menyembuhkan Distemper pada kucing belum ditemukan secara efektif agar cepat sembuh. Salah satu jalan untuk mengobati Distemper pada kucing yaitu membawanya ke dokter hewan terdekat agar di atasi dengan baik serta diberikan obat yang dapat melawan virus distemper.

Baca juga :  Mengenal lebih dekat dengan Kucing Ragdoll


Namun sebelum kucing atau anjing anda terserang virus distemper alangkah baiknya mencegahnya terlebih dahulu, karena mencegah lebih baik dari pada mengobati. Untuk mencegah penyeberan virus distemper, anda bisa mencoba untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh kucing atau anjing anda dengan memberikan vitamin A dan B yang dapat meningkatkan sistem imun pada hewan peliharaan anda, sehingga terhindar dari penyakit distemper.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar