Skip to main content

Cara meningkatkan skor kecepatan blog menjadi Good pada Google Pagespeed Insight

cara menaikkan skor pagespeed insight menjadi good

Menaikkan skor pada pagespeed insight - Mengetahui kecepatan loading blog yang Anda bangun adalah hal yang semua blogger perlu lakukan, dengan mengecek kecepatan blog kita sendiri, Anda bisa melakukan reparasi pada blog yang telah di bangun dengan mengurangi element yang dapat menyumbangkan loading blog, dengan begitu bisa membuat kecepatan blog menjadi lebih baik ketika dicek di google pagespeed insight.

Dari penjelasan di atas seharusnya anda sudah mengetahui apa itu Google Pagespeed Insight? Namun tidak ada salahnya saya memperjelas lagi pengertian google pagespeed insight. Pagespeed insight adalah suatu website karya google yang bisa melakukan analisa terhadap kecepatan suatu blog atau website.

Hasil test kecepatan suatu blog yang disajikan dari google pagespeed insight berskala 1-100. Jika hasil test kecepatan blog anda di pagespeed insight menunjukan skala 90-100 itu artinya loading blog anda di nilai sangat cepat oleh google, Namun jika nilai skala pada pagespeed insight 50-89 itu artinya loading blog anda masih terbilang normal.

Tapi jika nilai skala test kecepatan pada pagespeed insight menunjukan hasil 0-49 itu artinya kecepatan loading blog anda sangat buruk atau lambat. Hal ini dapat menyebabkan blog anda susah untuk bersaing di beranda google, untuk itu pada postingan kali ini saya akan berikan tips Cara meningkatkan skor kecepatan blog menjadi Good atau hijau pada Google Pagespeed Insight.

Cara Mendapatkan Score Good di Google Pagespeed Insight :


Trik cara meningkatkan score pada pagespeed insight saya temukan secara tidak sengaja dengan melihat cara kerja tool google pagespeed insight itu sendiri.

Baca juga : Cara mengatasi huruf tebal pada blog tidak berfungsi

Pada hasil test kecepatan google pagespeed insight terdapat dua hasil test yaitu kecepatan suatu blog jika dibuka via dekstop dan yang kedua ketika blog dibuka via seluler. 

Pada sekitar bulan November 2018 kemarin untuk kecepatan semua blog jika ditest di google pagespeed insight rata-rata akan menunjukan skala 100 atau Good pada versi dekstop. Namun tidak pada hasil skala untuk versi seluler.

Pagespeed insight mengetahui perbedan suatu blog jika di buka di dekstop dan seluler dengan melihat alamat blog itu sendiri, yaitu terlihat dari kode m=1 pada url blog ketika suatu blog/website di buka di seluler dan kode m=1 ini tidak akan muncul ketika suatu blog/website jika di akses melalui prerangkat dekstop.

Nah berawal dari sinilah saya menemukan trik terbaru untuk meningkatkan score kecepatan blog pada pagespeed insight dengan memanipulasi test kecepatan suatu blog agar menghasilkan versi dekstop semua dengan cara menghilangkan kode m=1 pada url blog, dengan begitu hasil test dari pagespeed insight akan menjadi good atau menunjukan hasil skala 90-100.

Sebetulnya cara ini sudah saya terapkan pada postingan cara meningkatkan kecepatan blog dengan menghilangkan kode m=1 pada url blog namun di postingan tersebut tidak saya jelaskan bahwa dengan menghilangkan kode m=1 pada url blog dapat meningkatkan skor kecepatan blog menjadi Good pada Google Pagespeed Insight. Untuk cara menghilangkan kode m=1 pada url blog anda bisa mengklik link di atas atau lihat cara di bawah ini.

Cara menaikkan skor kecepatan website pada Google Pagespeed insight : 


1. Ubah terlebih dahulu pengaturan pada menu tema blog anda dengan tetap menampilkan tema dekstop di perangkat seluler. 

Cara meningkatkan skor kecepatan blog menjadi Good pada Google Pagespeed Insight


2. Selanjutnya pergi ke menu edit HTML lalu cari kode <head> atau &lt;head&gt; atau yang sama seperti kode tersebut tergantung template blog yang anda gunakan. 

3.Tambahkan kode di bawah ini tepat di bawahnya kode <head> atau &lt;head&gt;

<script type='text/javascript'>
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("%3D","%3D") > 0) {
  var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D"));
    window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("%3D%3D","%3D%3D") > 0) {
  var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("%3D%3D"));
    window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("&amp;m=1","&amp;m=1") > 0) {
  var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("&amp;m=1"));
    window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
var uri = window.location.toString();
if (uri.indexOf("?m=1","?m=1") > 0) {
  var clean_uri = uri.substring(0, uri.indexOf("?m=1"));
    window.history.replaceState({}, document.title, clean_uri);
}
</script>


4. Terakhir klik simpan perubahan.

Untuk melihat hasil perbedaan skor pada google pagespeed insight anda test terlebih dahulu sebelum dan sesudah menggunakan trik saya Cara meningkatkan skor kecepatan blog menjadi Good pada Google Pagespeed Insight.


Update


Agar hasil kecepatan blog semakin maksimal coba teman-teman padukan dengan lazyload pada postingan saya tentang mempercepat loading blog dengan memasang lazyload adsense. Namun, jika teman-teman tidak ingin repot otak-atik template blog yang bikin pusing silahkan baca rekomendasi jasa mempercepat loading blog/website.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar