Cara melatih Kucing agar tidak Buang Air sembarangan

Cara melatih Kucing agar tidak Buang Air sembarangan

cara melatih kucing buang air ditoilet

Untuk melatih kucing agar tidak buang air sembarangan perlu beberapa tips agar kucing peliharaan anda bisa buang air kecil atau pup pada kotak pasir (Litter Box) yang sudah disediakan. Air kencing kucing memilki bau yang menyengat yang dapat mencemari seluruh ruangan rumah anda. Bukan hanya air kencingnya saja, pup dari kucing juga memiliki bau yang amat menyebalkan terlebih jika kucing yang anda pelihara buang pup sembarangan seperti di kursi bahkan di kasur anda sendiri.

Kucing yang anda pelihara dirumah perlu dilatih agar tidak buang air sembarangan salah satunya yaitu dengan menyediakn litter box atau bahkan melatihnya agar buang air ditoilet layaknya manusia. Dengan melatih kucing agar tidak buang air disembarang tempat tentu saja bisa menjaga kebersihan rumah anda sekaligus memudahkan anda dalam membersihkan kotoran kucing. Maka dari itu akan saya berikan tips untuk melatih kucing agar tidak buang air sembarangan.


Cara Melatih Kucing Buang Air :


Pertama : Siapkan kotak (litter box) berukuran besar untuk wadah pup atau kencing kucing dan jika anda memiliki anak kucing yang sekiranya tidak sampai untuk naik ke litter box bisa di buatkan jembatan agar anak kucing bisa buang air di dalam litter box yang sudah disediakan.


Baca juga : Cara membasmi kutu pada bulu kucing dengan obat disekitar
 

Simpan litter box di tempat yang tenang seperti dipojokan rumah atau dibawah kandang kucing, sehingga kucing yang anda pelihara merasa nyaman dan tidak terganggu ketika buang air. Sebagai tambahan agar bau dari pup kucing ini tidak mencemari seluruh ruangan, anda bisa memakai litter box yang tertutup sehingga bau pup kucing ini tidak menyebar ke seluruh ruangan.

Kedua : Pemilihan pasir yang tidak di sukai kucing bisa juga menyebabkan kucing yang anda pelihara tidak mau buang air di dalam litter box, maka dari itu pakailah pasir yang tidak beraroma atau tidak wangi, karena ada juga beberapa kasus kucing yang di pelihara tidak mau buang air di litter box karena pasir yang di gunakan memiliki aroma wangi.

Untuk tekstur pasirnya sendiri anda bisa memilih pasir yang mudah diserok atau diangkat dan pastikan pasir yang anda pakai tidak mengandung debu, karena debu dapat menyebabkan iritasi pada paru-paru kucing. Sebenarnya anda bisa juga menggunakan pasir yang biasa digunakan untuk bangunan rumah, namun anda harus menyaring pasir tersebut agar lebih halus dan tidak terdapat batu-batu kecil.

Ketiga : Mulai ke tahap melatih kucing agar bisa buang air kecil di litter box. Yang pertama harus anda lakukan adalah mengambil sedikit pup kucing untuk di taruh di litter box, tujuannya adalah untuk memberi tahu kucing bahwa litter box adalah tempat membuang pup yang benar, dengan begitu kucing yang anda pelihara mulai memahami dan beradaptasi untuk buang air ditempatnya, sehingga kucing yang anda pelihara tidak buang air di sembarang tempat.

Cara melatih kucing agar buang air di toilet :


Seperti yang saya katakan diatas kucing yang anda pelihara dirumah bisa juga dilatih untuk buang air di toilet layaknya manusia, caranya sama seperti pada tahap nomor tiga yaitu mengambil sedikit pup yang akan anda taruh di dalam Kamar mandi atau toilet, lalu arahkan kucing anda agar mencium bau kotorannya sendiri dengan begitu kucing yang anda pelihara tau bahwa disitulah tempat buang air yang benar.

Itulah cara melatih kucing agar tidak buang air di sembarang tempat, bahkan melati kucing supaya buang air di toilet.

Buka Komentar