Makanan dan Minuman yang harus di Hindari Ibu Hamil

Makanan dan Minuman yang harus di Hindari Ibu Hamil

Tidak semua makanan dan minuman baik di konsumsi oleh ibu hamil, maka dari itu di sarankan bagi ibu hamil untuk selalu memperhatikan konsumsi makanannya agar janin yang di kandung selalu sehat dan mendapatkan nutrisi yang baik dari makanan yang di konsumsi sang ibu.

Asupan yang di konsumsi sang Ibu nantinya akan menjadi sumber nutrisi bagi sang calon bayi, maka dari itu perhatikan Makanan dan Minuman yang harus di Hindari saat sedang Hamil : 

Makanan yang harus di Hindari Ibu Hamil 


Keju Lembut


Keju lembut termasuk salah satu makanan yang harus di hindari saat sedang hamil, karena keju lembut kemungkinan masih mengandung bakteri yang dapat menyebabkan infeksi yang disebut listeria. Namun jika Anda masih tetap ingin mengkonsumsi keju lebih baik makan keju yang keras seperti keju parmesan dan cheddar, karena keju jenis ini sudah melewati proses pasteurisasi atau sudah melewati tahap mematikan bakteri yang dapat merugikan bagi Ibu Hamil.

Daging dan Ikan


Sebenarnya mengkonsumsi daging dan ikan tidak bahaya bagi kesehatan janin, tetapi harus perhatikan tingkat kematangannya . daging dan ikan yang setengah matang di takutkan mengandung bakteri yang merugikan yang dapat mengakibatkan inflaksi. Untuk menghindari hal tersebut lebih baik masak lagi terlebih dahulu ikan dan daging yang akan anda makan dengan api kecil agar lebih aman untuk di konsumsi oleh Ibu Hamil.

Telur mentah atau Setengah matang


Telur termasuk salah satu makanan yang perlu diperhtikan oleh ibu hamil jika Olahan dari telur terebut masih setengah matang seperti telur mentah yang terkandung dalam adonan kue dan mayonaise. Telur yang setengah matang di khawatirkan terdapat bakteri salmonella yang dapat menyebabkan diare dan muntah. Alangkah baiknya masaklah telur hingga benar-benar matang yang bisa dilihat dari putih dan kuning telur yang berubah menjadi padat.

Pada intinya makanan yang baik untuk ibu hamil adalah makanan yang telah melalui proses pemasakan yang sempurna atau makanan yang benar-benar sudah matang agar tidak terdapat bakteri di dalamnya yang dapat merugikan bagi ibu hamil dan janin yang didalam kandungan.

Selain Makanan yang harus di perhatikan lainnya adalah soal minuman. Minuman yang ibu hamil minum setiap hari harus baik bagi kesehatan Anda sendiri dan janin yang ada di dalam kandungan, maka dari itu perhatikan jenis minuman yang perlu di hindari oleh Ibu Hamil. 

Minuman yang harus di Hindari Ibu Hamil


Teh Hijau


Sebenarnya teh hijau termasuk minuman yang baik karena mengandung antioksidan yang tinggi, tapi tidak bagi Ibu Hamil. Karena ibu yang sedang hamil memiliki metabolisme tubuh yang tinggi dan mengkonsumsi teh hijau akan membuat metabolisme ibu yang sedang hami menjadi lebih tinggi dan hal ini kurang baik. Mengkonsumsi teh hijau yang berlebihan dapat menghambat proses penyerapan asam folat dan berakibat pada ibu dan janin dalam kandungan kekurangan asam folat.

Minuman yang mengandung Kafein


Sebaiknya minum teh dan kopi secukupnya bagi Anda yang sedang hamil, maksimal dua cangkir dalam sehari. Mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein secara berlebihan terutama di trimester pertama dapat meningkatkan resiko keguguran dan gangguan pada janin.

Hindari minuman yang bersoda (soft Drink)


Soft Drink memang sangat menyegarka, namun apakah Anda tau minuman bersoda di dalamnya terdapat pemanis buatan yang tinggi dan terdapat banyak kandungan pengawet di dalamnya.

Itulah Makanan dan Minuman yang harus di Hindari Ibu Hamil. Alangkah baiknya selalu perhatikan makanan dan minuman yang akan di konsumsi oleh ibu hamil atau bisa juga selalu berkonsultasi kepada dokter spesialis kandungan yang pasti paham betul tentang kesehatan bagi ibu dan janin yang di kandung.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel