Cara menonaktifkan tombol back pada halaman blogger

Cara menonaktifkan tombol back pada halaman blogger

menonaktifkan tombol back pada blog
Menonaktifkan tombol back pada halaman blogger merupakan suatu teknik yang sangat cerdik untuk menurunkan Bounce rate suatu blog, Jadi secara tidak langsung dengan menonaktifkan tombol back pada halaman blog dapat membuat pengunjung blog anda seakan-akan betah didalam blog anda sehingga dapat menurunkan nilai bounce rate pada google analytics.

Trik Menonaktifkan tombol back pada blog tidak sengaja saya temukan di salah satu blog langganan saya yaitu mogloger.com. Saat saya berkunjung ke blog beliau saya sedikit merasa aneh karena tombol untuk kembali tidak berfungsi dengan semestinya.

Baca juga : 6 Tips dan Trik SEO Optimasi gambar blog

Saya sempat berfikir apa karena memang tombol back pada hp saya eror atau ada penyebab lainnya. Untuk membuktikan akan keganjalan itu saya mencoba berkunjung ke blog lainnya, namun pada halaman blogger yang lain tombol back dapat berfungsi dan bisa kembali kemenu utama atau halaman sebelumnya, dari sini saya jadi tahu kalau tombol back pada halaman blog mogloger memang sengaja di nonaktifkan untuk menurunkan nilai bounce rate pada google analystics.

Tapi sebelumnya apakah anda tahu apa itu bounce rate? Bounce rate merupakan salah satu istilah didalam Google analystic, jadi Bounce rate adalah ukuran atau persentase yang di ambil oleh google berdasarkan lamanya waktu pengunjung blog anda berlama-lama didalam blog Anda. Semakin lama pengunjung di dalam halaman blog anda, maka nilai bounce rate pada google analystics anda akan semakin turun dan hal ini sangat bagus untuk SEO blog.

Berikut penjelasan cara kerja monaktifkan tombol back pada halaman blogger, jadi ketika pengunjung berada didalam halaman blog Anda mereka tidak bisa kembali ke halaman pencarian google dengan menekan tombol back pada browser yang di pakai. Namun pengunjung masih bisa meninggalkan halaman blog Anda dengan cara membuka tab baru dan menutup tab halaman blog kita atau dengan mengetikan url baru di browser.

Atau dengan kata lain pengunjung blog Anda akan lebih dominan untuk mencoba lompat ke halaman lain dengan menekan tombol aktiv yang berada di dalam halaman blog Anda seperti tombol postingan berikutnya atau bahkan ke halaman utama blog anda dengan mengklik nama blog Anda, itulah salah satu Manfaat dengan menonaktifkan tombol back pada halaman blogger.

Berikut Cara menonaktifkan tombol back pada halaman blogger atau web :

Langkah Pertama : Seperti biasa masuk ke akun blogger Anda klik menu tema lalu klik pada edit HTML.

Menonaktifkan Back Button pada Halaman Web

Langkah Kedua : Cari kode <head> atau </head> jika tidak ketemu coba dengan kode &lt;head&gt; atau &lt;/head&gt;&lt;!--<head/>--&gt; Sesuaikan dengan template yang Anda gunakan, untuk memudahkan mencari kode tersebut gunakan tombol ctrl+f lalu masukan ke dalam kotak pencarian.

Menonaktifkan Back Button pada Halaman Web

Langkah Ketiga : Setelah kode <head> ketemu, tambahkan kode java script berikut tepat dibawahnya

<script type = "text/javascript" > history.pushState(null, null); window.addEventListener('popstate', function(event) { history.pushState(null, null); }); </script>
Terkakhir klik simpan.

Itulah Cara menonaktifkan tombol back pada halaman blog. Untuk mencobanya silahkan buka salah satu artikel anda lalu klik tombol back pada browser, jika berhasil maka tombol back pada browser tidak dapat berfungsi.

Buka Komentar