Skip to main content

Cara Memaksimalkan SEO Gambar Pada Postingan

Cara opstimasi gambar pada postingan

Mengoptimalkan SEO gambar pada blog merupakan hal yang sangat penting agar artikel Anda dapat bersaing di beranda google. Karena robot webmaster selalu merayapi seluruh konten Anda untuk di nilai skor SEOnya, termasuk dalam merayapi gambar yang ada di dalam postingan. Maka dari itu dengan megoptimalkan SEO gambar di dalam postingan akan memberikan nilai lebih kepada postingan Anda sehingga tidak menutup kemungkinan artikel yang Anda buat dapat bersaing di halaman pertama google.

Mungkin tidak sedikit blogger pemula seperti saya memfokuskan SEO Artikel hanya pada pengolahan kata dan penempatan kata kunci di dalam postingan dan melupakan pntingnya mengoptimalkan SEO pada gambar postingan blo agar lebih baik. 


Manfaat gambar yang telah kita Optimasi SEOnya adalah, meskipun pengunjung tidak membaca isi dari postingan Anda, namun crawler mesin telusur sudah melihat aktifitas itu, dengan begitu artikel yang anda buat akan naik peringkatnya di mesin pencarian.

Cara Optimasi SEO Gambar Pada Postingan



Gunakan gambar yang sesuai dengan isi konten dan Berkualitas


Gambar yang tidak relavan dengan isi konten artikel anda akan membuat bingung pengunjung dan mesin crawler telusur. Sebagai contoh artikel yang anda buat adalah tentang dunia blogger, namun anda menambahkan gambar suatu masakan. sudah jelas artikel anda sangat terlihat tidak profesioanal.


Baca juga : Cara membuat artikel terkait di dalam postingan blog yang SEO

Selain gambar yang sesuai usahakan gambar yang Anda gunakan tidak memiliki hak cipta sebab anda bisa juga terkena pelanggaran hak cipta. Kalau memang anda ingin menggunakan gambar tersebut yang memiliki hak cipta boleh di edit terlebih dahulu agar tampak memiliki perbedaan dengan gambar aslinya, atau lebih baiknya lagi di berikan link sumber pada gambar tersebut.


Ubah nama file gambar sebelum di masukan ke dalam postingan


Sebelum Anda menambahkan gambar ke dalam artikel anda, ubah dahulu nama file tersebut yang relavan dengan isi konten yang anda buat atau bisa juga dengan menggunakan judul postingan sebagai nama file gambar tersebut.


Tambahkan properties di gambar postingan


Setelah Anda memasukan gambar ke dalam postingan tambahkan terlebih dahulu alt tag dan title text di dalam properties dengan menambahkan kata kunci yang relavan dengan isi artikel Anda. Usahakan alt tag berbeda dengan judul artikel yang anda buat, contoh judul artikel anda Cara memaksimalkan SEO gambar pada postingan, maka kata kunci yang Anda tambahkan pada alt tag adalah cara opstimasi image pada postingan atau dalam bahasa perbloggeran di sebut LSI (sinonim keyword)


Pastikan rasio kualitas gambar baik


Hal ini sedikit rumit, menggunakan gambar dengan kualitas tinggi di dalam blog akan menambahkan beban blog itu sendiri, sehingga dapat mengurangi nilai seo blog Anda. maka cara mengoptimalkan gambar di dalam postingan yaitu dengan mengompresnya terlebih dahulu agar mendapatkan ukuran yang kecil namun hasil gambar tidak pecah.


Pilih jenis file Gambar yang tepat


Disini saya merekomendasikan gunakan gambar di dalam postingan dengan format PNG, sebab gambar PNG memiliki resolusi yang tinggi dan tidak pecah saat di tambahkan di dalam postingan blog.


Tambahkan sitemap for images


Google menyarankan pemilik web untuk mengirimkan sitemap kepada mesin pencari agar memudahkan google untuk merayapi setiap isi blog termasuk gambar di dalam postingan. Dengan memberikan informasi tambahan yaitu sitemap gambar, tidak menutup kemungkinan gambar yang anda tambahkan di dalam artikel akan muncul di Google image search.

Itulah Cara memaksimalkan SEO gambar pada postingan. selain optimasi pada gambar postingan isi artikel yang anda buat harus bermanfaat dan selalu perhatikan nilai-nilai SEO lainnya di setiap artikel yang anda buat, seperti jumlah kata, penggunaan paragraf dan optimasi SEO artikel lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui. Jika postingan ini bermanfaat silahkan bagikan postingan ini ke teman kamu atau dengan mengklik tombol bagikan di atas. Berkomentar di blog ini gratis..!!!
Buka Komentar
Tutup Komentar