Sejarah Peringatan Hari Guru Nasional

Sejarah Peringatan Hari Guru Nasional

Sejarah Peringatan Hari Guru Nasional

Sejarah Peringatan Hari Guru 25 November - Guru merupakan sosok yang berperan penting dalam membentuk kepribadian seorang anak, selain kedua orang tua. Guru Adalah orang yang mendidik dan memberikan sebuah wawasan terhadap muridnya, maka untuk menghormati jasa seorang guru di cetuskan sebuah Peringatan Sejarah Hari Guru Nasional.

Mengenal sejarah di peringatinya Hari Guru Nasional - Karena jarang diadakan kegiatan pada Hari Guru  Nasional banyak orang yang tidak tahu tentang Hari Guru Nasional, padahal Hari Guru Nasional telah di tetapkan sejak tahun 1994 atas keputusan presiden pada waktu itu. Pada tanggal 25 November dipilih sebagai Peringatan Hari Guru Nasional, selain itu pada tanggal tersebut juga diperingati sebagai hari ulang tahunnya PGRI (Persatuan Guru Republik Indonesia).
Baca juga : Pentingnya Hari Pohon Sedunia Untuk Menjaga Lingkungan Hidup

Awalnya persatuan guru di indonesia di sebut Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB) dan di dirikan pada tahun 1912, mungkin karen pada zaman tersebut warga kita masih didominasi oleh warga belanda maka di sebut PGHB. Adapun tingkatan guru pada persatuan guru yaitu dimulai dari Guru bantu, Guru desa, kepala Sekolah, dan perangkat sekolah lainnya.

Dikutip dari liputan 6 - Apakah Anda menyadari bahwa Guru telah merdeka terlebih dahulu sebelum merdekanya Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tahun 1945. Coba anda perhatikan Hari Guru Indonesia (PGI) telah di ubah namanya menjadi persatuan Guru Indonesia (PGI) sejak tahun 1932, sedangkan Negara kita merdeka pada tahun 1945, itu artinya kemerdekaan Indonesia Secara tidak langsung telah diproklamasikan oleh para guru.

Namun setelah 2 bulan kemerdekaan Indonesi, tepatnya pada tanggal 24-25 November 1945, Para Guru membentuk suatu kongres guru untuk mendukung kemerdekaan indonesia di Surakarta. kongres ini menjadi tempat perkumpulan guru yang ikut berjuang mepertahankan pendidikan indonesia di dalam penjajahan.

Pada tanggal 25 November 1945 para guru telah menetapkan nama diri mereka dengan sebutan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Namun pada tahun tersebut belum terjadi keputusan resmi di tetapkannya hari guru nasional oleh pemerintahan. Selang waktu 49 tahun setelah kemerdekaan indonesia barulah di tetapkan Hari Guru Nasional Pada tanggal 25 November 1994. Ditetapkannya Hari Guru bertujuan  mengenang perjuangan dan jasa para guru yang telah memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Buka Komentar