Sejarah Peringatan World Children's Day 20 November

Sejarah Peringatan World Children's Day 20 November

Sejarah Peringatan World Children's Day 20 November

Sejarah di Peringatinya Hari Anak Iternational (World Children's Day) bermula dari seseorang yang bernama  Dr. Charles Leonard dia Adalah Seorang Pendeta dari Universalis Gereja Penebus di Negara Chelsea, Massachusetts. Asal-usul atau sejarah adanya Hari Anak Sedunia (World Children's Day) dimulai pada bulan Juni tahun 1856 yang di adakannya pelayanan khusus hanya untuk Anak-anak.

Kemudian pada tanggal 20 November 1954 di Inggris yang pertama kali Hari Anak Internasional di canangkan, Negara inggris menyuruh Semua Negara untuk membantu mempromosikan kesejahteraan anak-anak di dunia. Lalu atas dasar tersebutlah dicanangkan Hari Anak Internasional oleh PBB (Perseriktan bangsa-bangsa) pada tanggal 20 November. Yang kemudian telah diresmikan Hari Anak internasional oleh PBB (UNICEF) pada tanggal 20 November, di ambilnya tanggal tersebut sesuai dengan kelahirannya Konvensi Hak-Hak Anak pada tahun 1989.

Pada tanggal 20 November adalah tanggal diperingatinya sebagai Hari Anak Internasional atau Hari Anak Universal. Berbeda dengan Hari Anak yang di peringati di indonesia yaitu pada tanggal 23 Juli. Untuk menghormati hak-hak anak di seluruh penjuru dunia di tandai dengan adanya Hari Anak International (World Children's Day). Baca juga : 14 November di Peringati Hari Diabetes Sedunia

World Children's Day bukan sekedar hari perayaan anak-anak saja, dibalik itu hari anak internasioanl diberikan untuk menyadarkan kepada semua anak-anak diseluruh dunia yang telah menyerah kepada kekeasan dari berbagai macam bentuk seperti eksploitasi dan diskriminasi. Anak -anak dipaksa memegang senjata karena suatu konflik di negaranya dan menderita karena banyaknya perbedaan baik itu dari sisi Agama dan Isu minoritas. Hal ini yang dinamakan dengan istilah “Children and Armed Conflict” atau dalam pengertian luas Anak-anak dilatih untuk menjadi tentara.

Maka dari itu Munculnya Hari Anak Universal karena Anak-anak juga membutuhkan hak-hak untuk hidup, hak Untuk mengenyam pendidikan, hak para Anak-anak untuk bermain dan yang terpenting memiliki hak untuk mendapatkan suatu perlindungan. Itulah pentingnya di deklarasikannya "World Children's Day"

Buka Komentar