Skip to main content

Sejarah Peringatan Hari Armada Republik Indonesia

Sejarah hari Armada

Tanggal berapa Hari Armada di peringati? Hari Armada diperingati setiap tanggal 5 Desember, dan pada tahun 2018 peringatan Hari Armada RI yang ke-73 tahun, tapi apakah Anda tahu terdapat sejarah panjang diperingatinya Hari Armada.

Sejarah Hari Armada pertama kali dimulai pada awal periode perang kemerdekaan. Pada waktu itu, kekuatan yang dimiliki Armada RI hanya berupda kapal yang terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan persenjataan yang sederhana. 

Dalam misi penugasan untuk mempertahankan kemerdekaan RI, Armada RI telah sukses mengerjakan beberapa operasi di lautan, salah satunya yaitu keberhasilan Armada RI dalam tugas menerobos blokade laut Belanda. Selain itu Armada RI juga berhasil dalam misi mengirimkan pejuang kemerdekan yang ditugaskan di berbagai pulau jawa.

Sejarah Peringatan Hari Armada Republik Indonesia


Sejak pengakuan kemerdekaan NKRI, Armada RI menambah kekuatannya secara bertahap dengan mengambil kapal dari Belanda dan pengadaan persenjataan dari negara lainnya. Dengan perlengkapan persenjataan saat ini, Armada RI berperan penting dalam pembasmian pemberontakan di Tanah air Indonesia. Salah satu penumpasan pemberontakan yang dilakukan Armda RI adalah pemberontakan Andi Azis, RMS, DI/TII dan PRRI Permesta.

Baca juga : Sejarah Hari Artileri 

Berlandaskan Surat Keputusan Panglima ABRI Nomor : Kep.171/III/1985 tanggal 30 Maret 1985 Armada Republik Indonesia di bagi menjadi dua kawasan wilayah operasi, Yang pertama Armada Republik Indonesia Kawasan Barat dan Armada Republik Indonesia Kawasan Timur. Selanjutnya pada tanggal 5 Desember di tetapkan sebagai hari lahirnya Armada RI berdasarkan  Surat Keputusan Kasal No. Skep / 4033 / Xl / 1987/ tanggal 17 Nopember 1987 yang kemudian disebut sebagai Hari Armada.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar