Sejarah Hari Disabilitas internasional



Apakah Anda mengetahui Sejarah peringatan Hari difabel Sedunia? ya, Ada salah satu hari khusus yang diperingati sebagai Hari cacat sedunia yaitu pada tanggal 3 Desember, Sejak tahun 1992 Perserikatan bangsa-bangsa telah menetapkan Peringatan Hari Disabilitas setiap tanggal 3 Desember.


Pengertian disabilitas dan difabel memiliki makna yang sedikit berbeda. Difabel (different ability atau dalam bahasa indonesia artinya kemampuan berbeda) diartikan sebagai seseorang yang memiliki kemampuan dalam menjalankan aktivitas berbeda jika dibandingkan dengan orang-orang kebanyakan. Sedangkan Disabilitas (disability) diartikan sebagai Seseorang yang belum mampu berakomodasi dengan lingkungan di sekitarnya sehingga menyebabkan disabilitas. Penjelasan singkatnya begini seseorang yang dikategorikan penyandang difabel belum tentu diartikan sebagai cacat atau disabled.

Sejarah Hari Disabilitas internasional


Peringatan Hari cacat memiliki tujuan untuk memberikan wawasan kepada masyarakat atas permasalahan yang terjadi yang berkaitan dengan kehidupan seseorang yang menyandang cacat serta memberi suport untuk meninggikan martabat dan kesejahteraan para penyandang cacat serta memberikan hak-hak kepada penyandang cacat.

Baca juga : Sejarah Hari AIDS

di Indonesi sendiri memiliki undang-undang tentang penyandang cacat (difabel) yaitu Undang-Undang Republik Indonesia No 4 Th 1997 dengan tujuan :

1. Setiap penyandang cacat mempunyai kesamaan kesempatan dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan.

2. Dalam upaya peningkatan kesejahteraan sosial penyandang cacat berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Namun Dewan Perwakilan Rakyat menganggap UU nomor 4 tahun 1997 tidak sesuai dengan pradigma yang bersangkutan dengan kebutuhan penyandang disabilitas, maka dari itu DPR berinisisatif merancang RUU tentang Penyandang cacat. Rancangan tersebut menjadi undang-undang 30 hari setelh disahkannya DPR, tanpa tanda tangan presiden atau dengan tanda tangan presiden.

Itulah penjelasan singkat mengenai Hari Disabilitas Internasional yang saya rangkum dari beberapa sumber di internet. Maksud dan tujuan dengan adanya peringatan hari cacat sedunia dapat memberikn kesadaran kepada masyarakat bahwa seseorang yang menyandang cacat perlu dukungan dan tanpa mengucilkan mereka.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel