Sejarah Hari Anti korupsi Internasioal

Sejarah Hari Anti korupsi Internasioal

International Anti-Corruption Day

Ternyata Ada loh Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia - Hari Anti korupsi atau dalam bahasa inggrisnya International Anti-Corruption Day adalah hari untuk memperingati anti korupsi. Di indonesia sendiri Hari Anti Korupsi di Peringati setiap tanggal 9 Desember sama seperti peringatan hari anti korupsi internasioanl yang jatuh pada tanggal 9 Desember tepatnya satu tahun setelah United Nations Conventions Against Corruption (UNCAC). Indonesia menetapkan Hari Anti korupsi dengan mengeluarkan Inpres NO 5 Th 2004 tentang Percepatan pemberantasan korupsi pada tanggal 9 Desember tahun 2004.

Penjelasan mengeni arti kata KORUPSI - KORUPSI berasal dari bahasa latin yaitu corruptio asal dari kata kerja corrumpere yang dapat diartikan dengan Memutar balik, menyogok, menggoyahkan atau rusak. Sedangkan menurut Transparency International Korupsi adalah sifat atau kegiatan pejabat politik, baik politisi maupun jabatan pegawai negeri apapun yang secara tersembunyi memperkaya diri mereka sendiri, dengan cara menyalahgunakan jabatan kekuasaan publik mereka.

Semua bentuk pemerintahan atau struktur organisasi yang didalamnya terdapat kekuasaan rentan akan terjadinya tindakan KORUPSI, terutama dalam pemerintahan. korupsi akan berujung munculnya kata kleptokrasi, yang dapat diartikan dengan pemerintahan oleh para pencuri, maknanya mereka berpura-pura bertindak jujur padahal berbohong. Baca juga : Sejarah Hari Armada RI

Sejarah Hari Anti Korupsi Sedunia dimulai sejak PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) mengadopsi Konvesi PBB untuk melawan Korupsi  (UNCAC)  pada tanggal 31 Oktober 2003 di meksiko, Namun pada bulan Desember 2005 lewat resolusi 58/4 PBB menetapkan 9 Desember sebagai lahirnya International Anti-Corruption Day dan menyuruh Sekretarias Jenderal memilih Kantor PBB untuk Kejahatan dan Narkoba (united Nation Office Crime and Drugs (UNODC) sebagai sekertariat Konferensi Konvensi Negara piha, Dengan begitu UNDP (United Nations Development Programme) atau Badan Program Pembangunan PBB bersama UNODC sebagai pemimpin pada upaya ini.

Tujuan dari Konvensi PBB melawan Korupsi yaitu untuk membagikan strategi dalam upaya pemberantasan korupsi yang efisien dan manjur, memberikan fasilitas kerjasama internasional, Memberikan bantuan teknis dalam upaya pencegahan dan pemberantasan korupsi, meninggikan akuntabilitas dan integritas, serta memanajemen masalah publik yang lebih baik lagi.

Itulah penjelasan yang bisa masigun bagikan lewat tulisan ini mengenai Hari Anti Korupsi Sedunia atau International Anti-Corruption Day yang di peringati setiap tanggal 9 Desember. Untuk memberantas korupsi butuh dukungan dari semua masyarakat terutama dukungan dari diri sendiri atas kesadaran Bahaya, Kerugian dan akibat dari tindakan sikap Korupsi.

Buka Komentar