Inilah Penjelasan Sejarah di Peringatinya Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember

Inilah Penjelasan Sejarah di Peringatinya Hari AIDS Sedunia pada 1 Desember

Arti Lambang Pita Merah

Inilah artikel yang akan menjawab pertanyaan Anda tentang Sejarah diperingatinya 1 Desember sebagai Hari AIDS Sedunia, maksud dan tujuan diperingatinya Hari AIDS adalah untuk menumbuhkan kesadaran kepada masyarakat untuk waspada terhadap wabah AIDS yang disebabkan oleh virus HIV. Hari Aids pertama kali ditetapkan pada bulan Agustus tahun 1987 oleh seseorang yng bernama James W. Bunn dan Thomas Netter, mereka Adalah pejabat informasi masyarakat dalam program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss. Gagasan mengenai diselenggarakannya peringatan Hari AIDS Seduni pada tanggal 1 Desember 1988 disampaikan oleh James W. Bunn dan Thomas Netter kepada Dr. Jonathan Mann, dia adalah seorang Direktur UNAIDS. Dr. Jonathan menyukai dan mereka sepakat atas penymapaian mengenai Hari AIDS Sedunia yang akan diselenggarakan pertama kali pada 1 Desember 1988.

Pada tahun 1996 HIV/AIDS (UNAIDS) mulai bekerja sama dengan program PBB untuk UNAIDS. Pada tahun 1997 UNAIDS menyelenggarakan suatu kampanye dalam gerakan AIDS Sedunia dalam rangka untuk melakukan komunikasi, pencegahan, serta pendidikan setiap tahun. Namun UNAIDS menerima kritikan dikarenakan tema yang diambil dari Hari AIDS hanya dipusatkan kepada Para remaja dan Anak-anak, padahal dalam kenyataanya semua usia dari bayi yang baru lahir sampai lansia dapat terjangkit virus HIV dan dapat mengakibatkan AIDS. Baca juga : Sejarah 29 November sebagai Hari KORPRI

Kenapa lambang pita merah identik dengan HIV/AIDS? Lambang yang digunakan sebagai Peringatan Hari AIDS Internasional adalah lambang pita merah, karena warna merah yang digunakan melambangkan darah yang menjadi tempat berkembangnya virus HIV di dalam tubuh, warna merah juga memberi arti memerangi dan memberikan semangat terhadap orang yang terkena penyakit AIDS yang amat mematikan. Lambang pita merah juga dijadikan simbol keprihatinan terhadap orang orang yang terkena HIV/AIDS sejak tahun 1991. Gagasan lambang pita merah berawal dari kelompok seniman yang terinspirasi dari pita merah yang dipakai memperingatan kematian seseorang karena AIDS yang bernama Freddie Mercury.

Itulah penjelasan mengenai sejarah Hari AIDS Sedunia 1 Desember. Dalam rangka peringatan Hari AIDS Sedunia mari kita memberikan semangat kepada orang yang terkena penyakit AIDS agar tetap bersemngat dalam menjalani kehidupan dan memberikan bantuan berupa uluran tangan kepada orang yang terkena virus HIV melalui Organisasi yang terpecaya dalam membantu korban penyakit AIDS.

Buka Komentar