14 November di Peringati Hari Diabetes Sedunia


Hari Diabetes Sedunia diperingati pada tanggal 14 November, Mengapa? Inilah alasan mengapa dipilih pada tanggal 14 November yaitu pada tanggal tersebut Seseorang yang bernama Frederick Banting telah berhasil menemukan sebuah Insulin yang sangat berharga bagi para pengidap Diabetes. Dengan dibantu oleh rekannya Charles Best, Frederick Banting berhasil menemukan Insulin pada tahun 1922.


Sekelompok sel yang berada di dalam pankreas yang disebut sebagai Langerhans dinamakan Insulin. Sedangkan Manfaat dari Insulin ini yaitu untuk mengatur kadar gula (glukosa) di dalam darah. Cara kerja insulin ini untuk menginformasikan sel untuk membuka sehingga mereka dapat menyerap glukosa yag berasal dari darah lalu dapat menggunakannya sebagai bahan bakar untuk energi. Organ tubuh yang gagal untuk bekerja karena tidak dapat memiliki bahan bakar jika glukosa tidak dapat masuk ke dalam sel.

Hari Diabetes Sedunia


Kencing manis atau dalam istilah kedokteran disebut dengan Diabetes dapat menyebabkan timbulnya penyakit lain seperti gagal ginjal, Bahayanya lagi ibu-ibu yang mengidap Diabetes dapat menurunkan ke bayinya. Untuk menghindari penyakit Diabetes Masyarakat atau setiap Individu harus menjaga pola hidup yang sehat seperti sering berolahraga, makan yang seimbang serta dibarengi dengan istirahat yang sehat dan mengurangi  konsumsi gula yang berlebihan.

Baca juga : Puisi Untuk Memperingati Hari Ayah 12 November

Kembali lagi mengenai Hari Diabetes Sedunia. untuk memperingati hari tersebut dibuat sebuah logo hari diabetes yaitu lingkaran biru, sebelumnya simbol ini digunakan untuk kampanye resolusi PBB tantang diabetes. Simbol lingkaran yang dipilih karena memiliki arti kesatuan, Sedangkan lingkaran yang berwarna biru mencerminkan warna langit dan bendera yang dipakai PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa).

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel